BUKIT CAMLICA : MAHKOTANYA SI CANTIK ISTANBUL

Sebagai kota terbesar di Turki, Istanbul menyimpan beragam kisah menarik dari setiap sudut kotanya. Salah satunya dari Bukit Camlica, sebuah spot wisata menarik untuk menikmati panorama kemegahan kota Istanbul dari ketinggian.


Terletak di distrik Üsküdar pada ketinggian 267 meter di atas permukaan laut menjadikan Camlica sebagai dataran tertinggi di Istanbul. Dari ketinggian bukit ini, pemandangan kota Istanbul yang istimewa mulai dari istana-istana dan bangunan-bangunan dengan arsitektur khas Ottoman, benteng-benteng hingga rumah kayu tradisional dan villa modern langsung terseguh dan tak hentinya membuat mata seperti ingin berkata “Wow, luar biasa!”. Selat Bosphorus sebagai salah satu ikon Istanbul juga terlihat membentang secara jelas dan menawan dari atas bukit ini. Tampak pula Jembatan Selat Bosphorus atau Jembatan 15 July Martyrs membentang menyatukan sisi Eropa dan Asia dari Turki menyerupai kalung yang melingkari kota Istanbul. Camlica memang bagaikan mahkota yang turut menghiasi si cantik Istanbul.


Selain melihat panorama Istanbul dari ketinggian, bukit ini juga memiliki taman yang luas yang kerap dijadikan spot piknik keluarga di Turki. Beragam bunga juga kerap bermekaran khususnya di musim semi yang membuat suasananya menjadi semakin ceria dan penuh warna sehingga cocok menjadi spot foto yang instagrammable. Bunga Tulip sebagai salah satu tanaman penghuni taman bukit ini juga memiliki fakta menarik karena konon bunga ini sebenarnya berasal dari Turki yang kemudian dibawa ke Belanda pada 1550-an oleh kapal-kapal pedagang Turki.


Melengkapi waktu bersantai di bukit ini, sejumlah toko suvenir, restoran, dan arena bermain anak-anak. Dan juga tidak jauh dari bukit ini, terdapat Masjid Camlica yang baru saja diresmikan pada 4 Mei 2019 oleh Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan. Sebagai masjid terbesar di Eropa yang dapat menampung 63 ribu jemaah, kembaran Masjid Biru ini memiliki gaya arsitektur era Usmani dan Seljuk yang sangat kental dan megah. Di dalam masjid juga terdapat museum, galeri seni, hingga perpustakaan umum yang tidak hanya sekedar menjadikannya sebagai tempat beribadah melainkan juga sebagai simbol keagungan Negara Turki dan karya seni agung yang indah.


Ingin merasakan dan menyaksikan estetika dari Istanbul dari ketinggian Bukit Camlica? Temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur WITA ROTAMA BEST OF TURKEY 2021.

Comments