RAHASIA AWET MUDA DARI CURUG CILEMBER “PUNCAK, BOGOR”

Terkenal sebagai wilayah yang dipenuhi banyak wisata alamnya, seperti gunung, danau hingga Kawasan Puncak, Bogor memang menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat sejuk dan menawan. Salah satunya, Curug Cilember.


Air terjun yang terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua punya makna yang unik di balik namanya karena Curug dalam bahasa Sunda bermakna air terjun sedangkan kata Cilember sendiri merupakan gabungan kata dari "Ci ringkasan dari kata Cai yang bermakna air dan Lember yang bermakna jamur kuping, mengingat pada zaman dahulu keberadaan jenis jamur tersebut cukup melimpah di daerah sekitaran curug. Curug Cilember memiliki 7 mata air terjun.


Dengan ketujuh mata air dan luas sekitar 7 hektar, curug ini kerap dimanfaatkan sebagai tempat pemandian karena dipercaya sejak zaman kerajaan Pajajaran, air terjun ini merupakan tempat pemandian raja-raja dan para putri Kerajaan Siliwangi. Hal tersebut juga semakin diperkuat dengan keberadaan sebuah makam keramat di atas lokasi curug yang dipercaya adalah makam dari Embah Jaya Sakti yang diyakini oleh warga setempat sebagai seorang yang masih berada dalam garis keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Para putri kerajaan kerap membasuh wajah mereka di curug ini agar tetap jelita dan awet muda sehingga banyak yang percaya bahwa dengan mandi dan membasuh wajah di curug ini bisa awet muda, mudah mendapatkan jodoh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyaknya ketertarikan akan mitos dan kepopulerannya, membuat pengelola Curug Cilember juga membuka fasilitas seperti Villa bahkan area Camping bila ingin bermalam di sana.


Ingin mengetahui Legenda menarik lainnya di Curug Cilember dan merasakan berlibur sambil menikmati keindahan Puncak, Bogor? Mari jelajahi Puncak, Bogor bersama Wita Tour.

Comments