PUNCAK SIDAPANG & PANINJAUAN : KEINDAHAN SISI LAIN DARI ANYER

Ke-eksotisan pantai dengan pasir putihnya yang luas berpadu dengan kontras nya biru lautan lepas, menjadikan Anyer sebagai salah satu pantai yang menawan. Akan tetapi, di balik pesona pantainya yang menawan, ternyata Anyer mempunyai keindahan alam alias “hidden gems” yang belum diketahui banyak orang.


Puncak Sidapang adalah salah satunya. Dataran tinggi yang menjadi bagian dari rangkaian perbukitan dari Pegunungan Cibaja memiliki alam yang asri dengan suhu udaranya yang relatif lebih sejuk. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Pantai Anyer, yakni hanya sekitar 12 km saja memang pas dijadikan sebagai pilihan untuk menikmati sensasi Anyer yang berbeda dari biasanya. Rasanya memang seperti bukan berada di Anyer, karena hamparan pepohonan hijau yang terbalut dalam nuansa alam pegunungan atau perbukitan juga menjadikannya sebagai spot yang paling pas untuk bersantai sambil menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Belum lagi, di malam harinya, pemandangan lautan yang berada di kejauhan juga memperlihatkan kelap-kelip lampu dari kapal yang berlalu-lalang benar-benar membuat kita sulit melupakan betapa indahnya pemandangan di Puncak Sidapang.


Spot menarik lainnya juga terletak di Paninjauan berada di Kawasan Cagar Alam Mancak, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Banten. Berada pada ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, dengan suhu di sini juga tidak kalah sejuk dengan Sidapang karena banyak ditumbuhi pepohonan yang sangat rindang di sekitarnya. Dan usut punya usut, ternyata cuaca sejuk di sini tidak datang serta merta begitu saja. Ternyata Paninjauan ini dahulunya merupakan kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi yang kemudian seiring berjalannya waktu berubah menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau. Sambil ditemani oleh pemandangan rawa danau yang menyejukkan hati ditambah cuaca sejuk, dari kejauhan deretan pegunungan yang berada di Kabupaten Pandeglang tampak menyambut dan menambah nuansa yang semakin mendalam saat berjalan-jalan santai di sini. Untuk menutup momen perjalanan di Paninjauan agar semakin manis, disini juga bisa jangan lupa juga mencicipi buah durian khas daerah Mancak yang pada saat musim berbuah terkenal legit, manis dan nikmat buah duriannya.


Ingin berlibur menikmati keindahan alam sambil menelusuri sisi menarik lainnya di Anyer dan Carita, Banten? Mari jelajahi Anyer dan Carita, Banten bersama Wita Tour.

Comments