EGG TART HONGKONG YANG SELALU MELEGENDA DARI MASA KE MASA

Hongkong memang dikenal sebagai salah satu surga kuliner terlezat di Asia. Pengaruh kebudayaan Tiongkok yang kuat yang kemudian bertemu dengan kebudayaan Barat yang dibawa oleh Inggris, menjadikan kuliner Hong Kong mempunyai ciri khas yang unik. Egg Tart salah satunya.


Berbahan dasar terigu, kuning telur, susu dan gula, kue khas Hong Kong ini punya pengaruh Barat yang dibawa oleh bangsa Inggris. Hong Kong yang pada zaman dahulu menjadi bagian dari Koloni Inggris dipercaya mengadaptasi menu ini dari Custard Tart Inggris yang sudah ada sejak tahun 1450. Karena menjadi kesukaan para Gubernur Hong Kong yang konon merupakan seorang kebangsaan Inggris kala itu, cemilan yang dalam bahasa lokal Kanton terkenal dengan sebutan Daahn-Taat ini kemudian mulai diperkenalkan di Hong Kong pada tahun 40-an dan 50-an oleh kedai teh lokal yang dalam bahasa Kanton disebut Cha Chaan Teng sekaligus untuk menjadikannya unik dan berbeda dari restoran dim sum yang ada di sekitarnya. Pada awalnya, kue ini hanya dihidangkan kepada kalangan menengah ke atas di kala minum teh sore serta di acara-acara khusus atau perayaan tertentu yang dianggap spesial. Akan tetapi, setelah terjadi Perang Dunia II dan peralihan ke era pendudukan Jepang, kue ini menjadi semakin terjangkau harganya untuk semua kalangan karena hampir semua kedai teh lokal menyajikannya.


Soal rasa dan tekstur, kekhasan Egg Tart ala Hong Kong terletak pada tekstur kulitnya yang lebih halus, lembut dan soft crispy seperti pie, dan custard bagian tengahnya terasa seperti pudding yang terasa nikmat perpaduan antara aroma dan rasa susu dengan telur serta citarasanya yang manis. Selain itu, custard pada egg tart ala Hong Kong juga memiliki teksturnya yang sangat silky alias selembut sutera dan tidak berkaramel seperti pada Egg Tart ala Portugis yang ada di daerah tetangganya, Macau yang juga memiliki kulit tart yang cenderung lebih garing seperti pastry ala Perancis.


Selain Egg Tart dengan rasa klasik telur dengan susu, kini egg tart ala Hong Kong juga memiliki beragam rasa yang kekinian, seperti coklat, keju, vanilla, almond, white egg, honey milk, green tea bahkan hingga bird nest dan buah-buahan. Kue ini selalu menjadi penunda lapar yang paling pas apalagi saat seharian berkeliling kota Hong Kong dan bahkan juga bisa juga menjadi pilihan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.


Ingin mencicipi lezatnya Egg Tart sambil berkeliling menikmati destinasi Hongkong? Temukan penawaran menarik bersama Wita Tour.

Comments