SUATU MALAM PENUH WARNA DI SEMARANG

Keheningan di sekitar ikon Semarang, Tugu Muda terasa saat Sang Surya telah kembali ke dalam ufuknya. Hanya sekilas kendaraan bermotor yang melintas di lalu lintas, memecah keheningan malam di sekitar spot bersejarah di Semarang tersebut. Langkah kaki pun terus berlanjut ke arah Barat dan sampailah di Banjir Kanal Barat, sebuah sistem drainase yang telah dibangun sejak 23 Januari 1879 dan kini telah menjadi salah satu ruang terbuka hijau di kota berjuluk Venetie Van Java alias Venesianya Pulau Jawa ini.

Dan ternyata di sini, terdapat atraksi akhir pekan tepatnya di hari Jumat dan Sabtu yang boleh dibilang tergolong baru dan sangat sangat menarik perhatian. Ya, Semarang Bridge Fountain. Sebuah atraksi air mancur menari yang diresmikan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi tepat di malam Tahun Baru 2019. Dibangun dengan anggaran mencapai 17 miliar rupiah, air mancur ini telah menjadi ikon baru kota Semarang yang mempercantik Banjir Kanal Barat bak Bidadari di malam hari. Selama tiga puluh menit dari pukul 20.00 hingga pukul 20.30, “Sang Bidadari” tampak meliuk-liuk mengikuti alunan musik yang menggema keras. Tak tanggung-tanggung, alunan musik yang digunakan mengiringi pertunjukan air mancur selain musik instrumental kontemporer, juga musik perpaduan kontemporer dengan gamelan Jawa Tengah yang diadopsi dari lagu daerah Jawa Tengah, salah satunya lagu Cublak Cublak Suweng. Liukan air mancur juga semakin hidup oleh kehadiran permainan lampu sorot yang menghasilkan warna-warna pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Semua mata pun sepertinya tertuju pada “Sang Bidadari” kala malam itu.

Ada satu hal lain juga yang menarik hati yang membedakan Semarang Bridge Fountain dari air mancur menari lainnya yang ada di dunia. Air mancur ini terlihat sangat hidup karena hadir di tengah keramaian kota Semarang. Sejumlah kendaraan bermotor yang tampak melintas di atas jembatan Banjir Kanal Barat Semarang tempat di mana air mancur ini berada, membuatnya tampak terlihat berbeda karena pada umumnya air mancur menari di negara lain terletak di sebuah objek wisata. Tak heran, kesan mendalam akan keindahan Semarang pun kian membekas di hati usai menyaksikan atraksi Semarang Bridge Fountain ini.

Selain menyaksikan keindahan Semarang Bridge Fountain, masih banyak hal-hal menarik lainnya yang mewarnai keindahan Semarang. Waktunya menjelajahi keindahan kota Semarang bersama WITA TOUR.

Comments