INDAHNYA JEJAK PERADABAN DUNIA DI TURKI

Pernah menjadi pusat dari salah satu monarki terbesar di dunia, yaitu Ottoman, Turki memiliki sejumlah peninggalan sejarah yang pernah mewarnai sejarah peradaban dunia dengan keindahannya yang mempesona dan membuat siapapun terkagum.


Keindahan dan kemegahan tersebut salah satunya ada di Istana Topkapi yang dikenal sebagai Topkapi Sarayi dalam bahasa Turki. Istana dengan total luas sekitar 700.000 meter persegi yang terletak di tepi pantai selat Bosphorus ini pernah menjadi tempat tinggal para Sultan Ottoman beserta keluarganya.


Suasana pepohonan yang indah, rindang nan sejuk dengan bunga-bunga berwarna merah merona langsung memberikan sambutan yang akrab saat pertama kali berada di istana ini. Memasuki bagian dalam istana, interior dari istana yang pembangunannya diprakarsai Sultan Mehmed II ini pun terlihat sangat presisi. Ukiran keramik dengan berbagai motif indah mirip tanaman seperti yang ada di Masjid Biru dan Hagia Sophia serta sejumlah kaligrafi terpatri begitu sempurna pada dinding dan langit-langit istana, seolah menyiratkan betapa agungnya kejayaan peradaban Turki Ottoman di masa lampau. Beragam koleksi agung kesultanan juga tersimpan di salah satu ruang di istana ini yang menjadi semacam museum. Ada sejumlah koleksi perhiasan, seperti cincin, kalung, gelang emas yang dihiasi dengan batu-batu permata warna-warni, wadah minuman atau cangkir yang sisi luarnya berhiaskan permata, kursi sultan yang terbuat dari emas dan batu permata warna-warni yang sangat indah hingga peninggalan-peninggalan suci para Nabi.


Peradaban menarik lainnya yang pernah menjadi bagian dari Kesultanan Ottoman, juga terletak pada Fethiye. Pernah menjadi bagian dari Kesultanan Ottoman dari tahun 1424 hingga 1934, kota kecil yang terletak di pesisir Laut Aegea ini memiliki perpaduan kebudayaan Turki dengan Yunani yang menarik. Dengan pantai yang memiliki air laut yang tenang dan berwarna hijau kebiru-biruan yang tenang serta pasir yang putih membuat kota ini terasa seperti kota pantai di Yunani, apalagi dengan kehadiran sejumlah rumah yang beratap merah seperti di Eropa Mediterania. Cuacanya pun cukup terik tapi rasa terik sepertinya juga terbayarkan dengan pemandangan sejuk oleh hutan pinus yang ada di sekitar Teluk Fethiye sembari juga berenang, menyelam menikmati keindahan bawah lautnya, memancing, mengayuh kano, dan lainnya.


Ingin berlibur sambil menikmati indahnya jejak peradaban kebudayaan di Turki? Mari telusuri keindahan Turki bersama Wita Tour.

Comments