Waktunya Menikmati Manis dan Fantastisnya Musim Dingin di Kanada



Bulan Januari sudah kembali tiba! Musim dingin juga kembali mewarnai Kanada. Dinginnya cuaca di negeri yang berjuluk “Great White North” ini bukan menjadi alasan untuk tidak menjelajahi keindahannya yang fantastis. Periode awal tahun justru menjadi salah satu momen terbaik menikmati Kanada yang pasalnya memiliki sejumlah sajian musiman yang hanya muncul pada periode musim dingin saja.

Maple taffy, salah satunya. Terkenal sebagai salah satu sajian ikonik dari Kanada saat musim dingin, ditambah lagi ikon daun dari pohon maple yang melekat pada bendera Kanada, sajian ini sudah pasti wajib dinikmati saat di Kanada. Dalam bahasa Perancisnya disebut Tire d’érable sur la neige, tapi dari segi bentuk, sajian ini lebih mirip sebagai kembarannya gulali, hanya saja proses pembuatannya tergolong sangat unik. Sirup maple direbus dalam suhu panas yang tinggi yakni sekitar 112 C dan tidak diaduk untuk menghasilkan tekstur sirup maple yang sangat kental dan berkristal. Cairan sirup maple yang sangat kental tersebut kemudian dituangkan ke atas salju yang sangat dingin dan kemudian digulung menggunakan stik es krim hingga menjadikan sirup maple membeku dan membentuk kembang gula Maple Taffy. Rasanya juga cukup unik! Mirip dengan sirup maple atau madu yang baru dibekukan di dalam kulkas lalu langsung dinikmati dengan sensasi yang dingin. Kenyal-kenyal dan lumer di mulut!

Suhu Kanada yang dingin saat awal tahun dan letak Kanada yang juga sangat dekat dengan Kutub Utara, membuat Kanada juga menghasilkan minuman anggur (wine) yang sangat khas yaitu ice wine yang cukup dominan di pasar wine dunia. Tidak seperti produksi wine secara umum, anggur yang dihasilkan dalam proses produksi ice wine, tidak hanya sekedar anggur yang matang pada pohon di perkebunan. Anggur yang sudah matang juga harus melewati proses pembekuan secara alami dalam suhu antara -10 C hingga -12 C. Pembekuan tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan rasa anggur yang lebih manis dan lebih rendah kadar alkoholnya dibandingkan wine biasa. Rasa manis dan aromanya yang lebih mengarah ke buah-buahan tropis, seperti lychee, pepaya dan nanas membuat wine ini juga cocok dinikmati sebagai penutup makan siang atau makan malam, minuman pendamping sajian gurih seperti hati angsa (Foie Gras) dan keju serta kadang juga kerap menjadi pelengkap atau bahan baku sejumlah hidangan penutup manis di Kanada. Dikemas dalam botol yang berukuran sedang, wine ini juga cocok menjadi buah tangan untuk kerabat atau keluarga saat kembali ke Tanah Air apalagi sangat mudah ditemukan di negara-negara bagian besar Kanada, seperti British Columbia dan Ontario yang tergolong sebagai pusat produsen ice wine dari Kanada.

Sungguh menjadi momen-momen seru yang menghangatkan liburan musim dingin Anda selama di Kanada. Yuk, nikmati momen manis yang fantastis dari musim dingin di Kanada bersama Wita Tour dalam program Exciting America East Coast and Eastern Canada!

Comments