KETIKA AUSTRALIA JUGA PUNYA AURORA



Musim dingin sudah hampir tiba di Australia. Menghabiskan waktu di Negeri Kanguru dengan menikmati langit malam yang bertabur bintang menjadi momen yang menakjubkan. Bila Anda beruntung, langit malam yang bertabur bintang itu, bisa menyajikan fenomena alam yang sangat indah dan tak terlupakan.

Aurora Australis, namanya! Memang cukup terdengar asing mendengarnya jika dibandingkan dengan Aurora Borealis yang sudah populer dan kerap muncul di bagian utara Eropa maupun Amerika. Namun demikian, siapa sangka kalau fenomena di langit musim dingin Australia ini juga tidak kalah indah. Keheningan langit-langit malam yang tenang dan penuh bintang kemudian tiba-tiba menjadi penuh sensasi dengan kehadiran cahaya langit yang tampak seperti efek permainan lampu sorot. Beragam warna cahaya seperti biru tua, hijau, dan ungu tampak menari-nari seakan bergembira dan tahu betapa kagumnya orang-orang yang melihatnya. Gelombang cahaya yang tampak seakan seperti seseorang yang sedang menari-nari hadir bukan tanpa alasan. Berbagai atom yang berasal dari matahari yang kemudian saling bertabrakan di langit dan digerakkan oleh angin matahari lalu bertemu dengan gas bumi inilah yang menjadi alasan mengapa aurora terlihat sebagaimana demikian.

Negara bagian Tasmania menjadi tempat favorit untuk menyaksikan Aurora Australis. Musim dingin pada bulan May - Agustus adalah waktu terbaik untuk menyaksikannya. Beberapa spot seperti Cockle Creek, Pantai Blackman's Bay dan Clifton pun kerap disambangi warga lokal. Dengan sudut pandang yang tergolong luas tanpa terhalang oleh bangunan-bangunan tinggi, liukan cahaya Aurora Australis di langit pun dapat tertangkap dengan sepenuhnya mengingat bentuknya yang cenderung agak memanjang horizontal. Jika ingin lebih dekat “menyentuh” Aurora Australis, datanglah ke dataran tinggi di Tasmania seperti Mount Nelson dan Mount Wellington. Gelombang cahaya aurora yang terasa lebih dekat membuat sensasi menikmati aurora bagaikan berada di dunia galaksi bintang luar angkasa apalagi saat terlihat di belakang lensa kamera.

Di balik sensasi keindahannya, ternyata Aurora Australis juga memiliki mitos tak kalah menarik. Rona merah dari aurora umumnya dikaitkan dengan darah dan kematian. Bagi komunitas Aborigin di seluruh New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan, pertunjukan aurora mewakili darah yang ditumpahkan oleh para pejuang yang bertempur dalam pertempuran hebat di angkasa, atau oleh arwah orang mati yang naik ke surga. Percaya atau tidak percayanya akan hal ini, Aurora Australis tetaplah merupakan fenomena yang sangat indah di Australia khususnya di Tasmania, dan Anda akan sangat beruntung bila dapat menyaksikannya bersama WITA TOUR, sahabat perjalanan Anda dalam program Australia Tasmania.

Comments