LEBIH DEKAT DENGAN SI KECIL PENGHUNI PHILLIP ISLAND



Pasir putih, desiran suara air laut yang tampak biru dan burung-burung camar yang terbang dengan alunan yang khas, itulah yang melekat di sebuah pulau di tenggara Melbourne, Australia bernama Phillip Island. Dengan suasana alam pantai yang khas inilah siapapun yang melangkah ke Melbourne pastinya akan memiliki pandangan yang tertuju ke pulau ini. Apalagi, Phillip Island juga menjadi rumah dari Fairy Penguin, penguin Australia yang dikenal sebagai penguin terkecil di dunia.

Postur yang kecil yakni dengan rata-rata tinggi 33 sentimeter dan berat 1 kilogram dengan bulu pada tubuh bagian belakang yang tampak berwarna biru ketuaan, serta warna putih pada bagian depan dan kakinya yang berwarna merah muda sangat menyiratkan identitasnya sebagai penguin khas Australia yang berbeda dari spesies penguin lainnya terutama yang hidup di Kutub Utara dan Selatan. Sehari-harinya, mereka tampak aktif mencari ikan di lautan pantai Phillip Island dan mereka terlihat begitu menggemaskan. Karakter penguin inilah yang kemudian menarik perhatian ketiga penduduk Philip Island di tahun 1920-an, yaitu Bert West, Bern Denham dan Bert Watchorn hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengorganisir sebuah spot di Pantai Summerland yang memungkinkan banyak orang untuk melihat para penguin lebih dekat. Usaha mereka pun membuahkan hasil karena jumlah pengunjung yang berdatangan untuk melihat Fairy Penguin pun terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat Pemerintah Australia khawatir akan ancaman pada populasi Fairy Penguin sehingga pada tahun 1960-an dibangunlah jalan kayu khusus yang mengarah kepada salah satu spot yang tidak terlalu dekat dan mengganggu para penguin, tetapi kita tetap dapat dengan jelas melihat aktivitas para penguin di pantai. Bahkan, tersedia pula spot VIP bernama Penguin Plus di mana kita tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan aktivitas keseharian para penguin dengan jarak pandang sedikit lebih dekat yang juga dikombinasikan dengan pemandangan pantai cantik Phillip Island dengan sejumlah tebing yang dibalut pepohonan hijau. Ditemani seorang pawang penguin profesional, informasi dan fakta unik pun turut melengkapi momen perkenalan kita dengan Fairy Penguin. Dari penjelasan sang pawang, ternyata penguin penghuni Phillip Island menjadi salah satu penguin di dunia yang mampu hidup di laut maupun darat di samping penguin Boulder Beach di Afrika Selatan. Populasi mereka di pesisir pantai pun ternyata jauh sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu sebelum ketiga penduduk Phillip Island memperkenalkannya ke khalayak ramai. Jumlah populasinya juga dikatakan pernah mencapai ratusan ribu sebelum akhirnya menjadi hanya 32 ribu saat ini akibat serangan anjing dan rubah yang juga menghuni Phillip Island sehingga Divisi Konservasi Lingkungan Negara Bagian Victoria menetapkannya sebagai fauna yang dilindungi.

Pantai Summerland dengan para Fairy Penguin ini baru menjadi awal permulaan keindahan Phillip Island. Masih banyak atraksi alam lainnya yang mengundang rasa penasaran. Karena itu, pastikanlah menjelajahinya lebih dalam keindahan pulau ini dalam program Beyond Melbourne Self-Drive bersama WITA TOUR yang selalu setia menjadi Sahabat Perjalanan Anda.

Comments