INDAHNYA KOTA PERTH DARI JEMBATAN MATAGARUP



Perth, kota terbesar di bagian barat Australia yang sekaligus menjadi ibu kota Negara Bagian Australia Barat tiada hentinya menawarkan pesona yang memukau. Berawal dari sebuah kota yang menjadi pusat perhatian karena gemerlap kekayaan tambang emas sejak ditemukannya pertama kali di tahun 1893, gemerlap Perth pun tiada habis dan kian memancar dari gedung-gedung pencakar langitnya hingga ke Sungai Swan yang mengaliri kota Perth. Kini, kilauan kota berjuluk 'City of Light' tersebut merambah ke jembatan yang melintas di atasnya, Jembatan Matagarup!

Dengan panjang 370 meter, jembatan ini terlihat berdiri kokoh dengan desain yang sangat kontemporer dan futuristik. Dari dekat, konstruksinya terlihat mirip dengan sebuah trek roller-coaster. Sementara, jika dilihat dari kejauhan, konstruksi jembatan yang berbentuk kurva bergelombang ini terlihat seperti sepasang angsa yang saling bertemu dan berhadapan satu sama lain. Desain dengan kemiripan unggas angsa ini tidak hanya berbicara segi estetika. Selain menyiratkan posisinya yang berada di atas Sungai Swan, desain tersebut juga menyiratkan identitas suku Aborigin Noongar, suku asli yang sudah berdiam di teritori Australia Barat jauh sejak 50 ribu tahun yang lalu. Mereka mempercayai angsa adalah unggas sakral yang melambangkan kekuatan magis Sang Pencipta untuk angsa hitam dan kesucian Sang Pencipta untuk angsa putih.

Secara fungsi, jembatan yang dalam bahasa Aborigin Noongar berarti “sungai dangkal yang dapat diseberangi” ini dibangun sebagai infrastruktur penghubung antara Stadion Optus dengan pusat kota Perth. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, Jembatan Matagarup pun kian dikenal publik sebagai landmark Perth yang menarik menjadi atraksi wisata. Konstruksinya yang melengkung juga menarik perhatian para pecinta wisata yang memacu adrenalin melalui Matagarup Zip +.
Dengan berjalan sejauh 314 langkah dalam kemiringan konstruksi jembatan sekitar 45 derajat dan dengan ketinggian 72 meter di atas permukaan Sungai Swan, di sinilah kita dapat melihat pemandangan menyeluruh kota Perth yang tersaji begitu cantiknya. Sensasi mendebarkan berpadu dengan kekaguman pada pemandangan kota Perth kian tak terlupakan saat baru mulai menaiki kurva jembatan hingga tiba di puncak kurva, kita akan merasakan sejuknya hawa di ketinggian. Sambil mengambil gambar dan menikmati pemandangan dari ketinggian, kita juga akan mendengar cerita pemandu lokal tentang perkembangan Perth dari masa lampau hingga masa kini sehingga pemandangan kota Perth pun terasa lebih hidup. Kalau belum cukup menikmati Perth dari puncak kurva Jembatan Matagarup, kita juga bisa meluncur dengan flying fox sepanjang 400 meter. Dengan kecepatan sekitar 75 kilometer per jam, kita akan melintasi permukaan Sungai Swan dan mendarat di sebuah platform yang tidak jauh dari Stadion Optus.

Menikmati keindahan kota Perth dari ketinggian menjadi sensasi baru, dan tidak terlupakan. Masih banyak hal menarik lainnya yang dapat kita temukan di Perth dan sekitarnya. Dan semua hal menarik ini bisa kita jelajahi lebih dalam bersama Wita Tour, Sahabat Perjalanan Anda dalam Perth Adventure Package.

Comments