MENELUSURI KEUNIKAN BELGIA DI SETIAP KOTANYA



Belgia adalah sebuah negara yang terkenal dengan penduduknya yang cukup padat serta geografisnya yang strategis karena letaknya berdekatan dengan negara-negara berkembang di dunia, diapit Belanda dan Prancis, Belgia menjadi salah satu negara yang punya kultur menarik. Perpaduan budayanya yang tergabung dari budaya Belanda dan Perancis menjadikannya sangat terlihat jelas dari kehidupan dan pemandangan kota-kota besarnya.

Sebut saja, Ghent. Sebuah kota yang menjadi ibu kota dari Provinsi Flandria Timur. Berkunjung ke kota yang awalnya hanya sebuah pemukiman penduduk di pertemuan Sungai Scheldt dengan Sungai Lys sungguh menyenangkan! Nuansa perpaduan Belanda dan Perancis-nya sangat terasa. Berjalan-jalan di pusat kota, kita akan menemukan kanal Graslei dan Korenlei yang terlihat mirip dengan kanal di Amsterdam apalagi bangunan-bangunan di sampingnya juga kental arsitektur Belandanya. Sementara, nuansa khas Perancis terlihat pada Katedral St. Bavo yang sekilas detail arsitekturnya mempunyai sedikit kemiripan dengan Katedral Notre Dame di Paris, Perancis. Setiap tahunnya kota ini juga menyelenggarakan sebuah festival yang menjadi salah satu festival terbesar di seantero Eropa, yaitu Gentse Feesten. Festival yang setiap tahunnya mampu menarik 2 juta pengunjung ini sangat sarat dengan beragam musik dan teater khas kebudayaan Flemish, sebuah budaya yang menjadi identitas nasional dari Belgia.

Dari Ghent, perjalanan pun berlanjut ke kota besar lainnya di Belgia, yaitu Antwerp. Kunjungan ke Antwerp pastinya tidak lepas dari Central Station. Stasiun yang dalam bahasa lokal kerap disebut Middenstatie atau Spoorwegkathedraal ini menjadi salah satu stasiun terpenting di Eropa karena aksesnya yang menjadi penghubung antara Antwerp dengan kota-kota di Belgia dan juga kota-kota di luar Belgia. Dengan konsep bangunannya yang banyak dipengaruhi arsitektur Romawi periode Renaissance, stasiun yang dibangun antara tahun 1895 hingga 1905 ini pun dinobatkan sebagai salah satu stasiun kereta api terindah keempat di dunia. Untuk melepas rasa lapar ataupun dahaga saat tiba atau sebelum berangkat dari stasiun ini, sejumlah restoran dan kedai makanan yang menawarkan beragam makanan khas Belgia pun mudah ditemukan di sekitar maupun bagian dalam stasiun ini.

Sudah berkunjung ke kedua kota tadi, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi Atomium di kota Brussels, Belgia. Arsitekturnya yang berupa sembilan bola baja tahan karat berdiameter 18 meter dan terhubung bak sebuah sel atom dari kristal besi. Bentuknya yang tidak biasa juga menyiratkan akan tengah berlangsungnya proses pemulihan ekonomi Eropa yang lebih modern pasca Perang Dunia II. Memasuki bagian dalamnya, interiornya juga terkesan mirip dengan sebuah pesawat luar angkasa yang berkonsep futuristik dan pemandangan Brussels dengan sudut pandang 360 derajat pun tersaji begitu sempurnanya dari ketinggian 102 meter atau 335 kaki bersanding dengan ruang pameran yang menyajikan gambar-gambar linimasa pembangunan Atomium dari masa ke masa dan juga restoran berputar. yang juga kerap menjadi spot yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan dan kejutan yang ada di kota Belgia akan menjadi pengalaman terindah untuk Anda. Karena itu, WITA TOUR sebagai Sahabat Perjalanan Anda siap membawa Anda dalam keindahan dalam LEISURE WEST EUROPE & SWISS!

Comments