NOTRE DAME DE REIMS YANG SERUPA TAPI TAK SAMA



Mendengar nama Notre Dame mungkin yang langsung terlintas di pikiran kita adalah sebuah katedral yang berdiri megah di tepian Sungai Seine di Paris. Tapi, ternyata di Reims, kota yang berjarak sekitar 2 jam dari Paris juga memiliki Katedral Notre-Dame.

Tampak depan, sekilas bangunan katedral terbesar di kota Reims ini cukup serupa dengan Notre Dame Paris yang sama-sama kental akan arsitektur khas Gothic Perancis. Akan tetapi, saat kami mendekat ke katedral yang dibangun sekitar abad ke-13, perbedaannya sangat terasa pada ukiran bangunan gereja yang terlihat lebih detail di Notre Dame de Reims. Beragam kisah dalam Alkitab yang sangat dikenal umat Kristiani terpatri cukup sempurna pada sisi Barat dan bagian atas pintu masuk.

Memasuki bagian dalam katedral, kemegahannya begitu terasa. Sinar matahari yang masuk melalui kaca patri pun tampak berkilauan warna-warni yang mempercantik ruang utama katedral. Sebuah jam mekanik tua yang sudah ada sejak katedral ini dibangun juga mencari perhatian kami. Terdapat penanda posisi bulan terhadap bumi dan juga musim yang sedang berlangsung di Perancis. Tak jauh dari jam, sebuah organ tua yang tercatat sebagai alat musik terbesar kelima di Perancis juga tampak berdiri megah, terlihat artistik dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Berjalan keluar katedral, tampak seperti ada yang tersenyum pada kami dan ternyata dialah The Smiling Angel atau dikenal Le Sourire de Reims. Patung berwujud seorang malaikat tersenyum yang dipahat pada abad ke-11 ini menjadi objek yang sangat populer di kalangan pengunjung katedral. Senyumnya pun tampak sangat manis.

Sama manisnya dengan Le Biscuit Roses de Reims yang ada di tangan. Biskuit berwarna pink dengan isian krim vanila yang memiliki rasa manis yang lembut di lidah. Sudah ada sejak tahun 1775 saat acara penobatan raja Perancis saat itu berlangsung, biskuit ini masih eksis sebagai buah tangan hingga sekarang. Sebuah toko kue bernama Maison Fossier yang terletak tidak jauh dari Katedral Notre Dame Reims menjadi tujuan utama kami untuk berburu biskuit yang sangat cocok ditemani dengan segelas champagne, wine, kopi, atau susu.

Itulah cuplikan keindahan Reims dan Perancis yang siap menyambut kedatangan Anda. Masih banyak lagi hal-hal menarik di Reims dan seantero Perancis, karena itu pastikan Wita Tour menjadi sahabat dalam setiap perjalanan Anda dalam WITA AMAZING FRANCE & MILAN!

Comments