TERNYATA AUSTRIA PUNYA 2 MAKANAN ENAK INI!



Austria memang juga menjadi salah satu negara di Eropa yang populer dengan pemandangan alam pegunungannya yang merupakan bagian dari Pegunungan Alpen. Tapi, mungkin banyak yang belum tahu kalau negara yang berbatasan dengan Swiss dan Jerman ternyata juga punya sajian-sajian yang menarik untuk dicicipi.

Di kota Wina, salah satunya. Begitu sampai di ibu kota Austria ini, sebuah restoran bernama Figlmuller langsung mencuri perhatian. Banyak pengunjung terlihat sudah menunggu di depan restoran padahal restoran baru akan buka beberapa menit lagi sehingga cukup mengundang rasa penasaran. Ternyata, di sinilah menu paling khas dari kota Vienna bernama Wiener Schnitzel lahir hingga menjadi identitas nasional dari Austria. Sudah menyajikan Wiener Schnitzel sejak 1905, restoran yang berdiri berkat tangan dingin seorang chef bernama Johann Figlmuller ini selalu menggunakan daging sapi muda (veal) sebagai bahan dasar Schnitzel yang dibalut campuran telur dan tepung panir khusus dari Austria dan dicampur dengan sedikit garam dan mentega agar taburan bumbu rasanya lebih gurih. Selain mencirikannya sebagai yang sangat khas dari Austria, penggunaan daging sapi muda juga dimaksudkan untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan tidak mudah pecah saat digoreng. Disajikan dengan salad hijau atau salad kentang Austria, tampilannya terlihat cantik dan rasa segar dari saladnya juga mengimbangi gurih dan tekstur garing dari Schnitzel-nya.

Energi sudah terisi, waktunya kembali berjalan-jalan sambil menikmati udara segar kota Vienna. Langkah kami pun sampai di sebuah kafe bernama Cafe Sacher Wien. Dengan kombinasi warna merah tua dan putih pada bangunannya, kafe ini terlihat begitu elegan di dalam Hotel Sacher yang terkenal sebagai hotel nuansa paling artistik di Austria.

Dan yang paling spesial dari kafe ini tentunya adalah kue andalannya yang bernama Sachertorte. Sesuai namanya, kue cokelat yang dilapis cokelat murni di atasnya dengan lapisan selai aprikot di antara kedua kue cokelat, sebuah fakta menarik terselip di balik kelezatannya. Ternyata kue ini tercipta dari seorang pemuda berusia 16 tahun bernama Franz Sacher yang baru terjun ke dunia juru masak dan kala itu dipanggil oleh Pangeran Metternich untuk menggantikan chef senior Kerajaan Austria yang sedang jatuh sakit. Dengan pengalaman sederhana membuat sebuah kue cokelat, tak disangka kue cokelat sederhana buatannya justru sangat disukai oleh tamu-tamu kerajaan hingga akhirnya melekat sebagai kue tradisional Austria. Manis dan legit selai aprikot khas Austria inilah yang membedakan Sachertorte dengan kue coklat pada umumnya.

Selain Wiener Schnitzel dan Sachertorte, Austria juga masih memiliki sejumlah sajian yang siap mewarnai perjalanan santai Anda. Wita Tour sebagai Sahabat Perjalanan Anda siap menemani liburan terbaik di Austria dalam WITA TREASURE EAST EUROPE & POLAND!

Comments