ESTETIKNYA ALAM ITALIA SELATAN YANG TANPA BATAS



Sebagai salah satu destinasi yang paling estetik, Italia memang memiliki sejumlah spot yang daya tariknya menjadi magnet yang menarik jutaan orang di dunia. Tidak selamanya hanya bangunan peninggalan Kekaisaran Romawi, banyak alam di Italia yang juga terkenal memiliki spot estetik dan salah satunya adalah Blue Grotto.

Sebuah gua laut yang terletak di pesisir pantai Pulau Capri, Italia bagian selatan ini juga terkenal memiliki panorama yang begitu mengundang decak kagum, termasuk Kaisar Romawi Tiberius yang menjadikannya sebagai kolam renang pribadi dan tempat favoritnya bertemu dengan Dewi Laut pelindung Kekaisaran Romawi. Bayangan akan waktu yang dihabiskan kaisar Tiberius di gua ini terlihat berbicara kuat melalui sejumlah patung kuno zaman Romawi yang ditemukan berada di sekitar gua ini.

Tidak seperti gua laut lain, akses untuk memasuki di Blue Grotto tergolong sangat sempit sehingga kita perlu berpindah ke kapal yang lebih kecil untuk masuk ke dalam. Kapal pun mulai didayung dan perlahan pun teriknya cahaya matahari di atas langit Pulau Capri meredup berganti dengan terangnya warna biru air laut. Biru air laut yang tampak terang seperti efek lampu sorot ini memang berasal dari sinar matahari yang memancar ke arah pasir putih di bawah perairan di dalam gua air laut yang memantul ke permukaan air laut yang berwarna biru. Sangat menyenangkan menikmati suasana gua yang tampak begitu tenang dan patutlah jika novelis Mark Twain juga mengabadikan keindahan gua ini dalam tulisan novelnya The Innocents Abroad.

Sudah menikmati Blue Grotto di tengah cuaca yang terik, saatnya mengembalikan energi dengan sesuatu yang manis dan segar. Sebuah toko kecil bernama Limoncello di Capri tampak menarik perhatian. Dinding bagian depan dengan replika buah lemon ternyata cukup menjelaskan bila toko kecil ini menyajikan Limoncello, sebuah minuman kombinasi lemon dengan vodka yang menjadi ciri khas Pulau Capri Italia yang cukup populer dengan rasa manis dan segar yang sangat pas dinikmati di tengah hangatnya angin di Pulau Capri.

Menyeberang dari Pulau Capri, saatnya menyusuri Amalfi Coast. Pemandangan tebing dengan pantai berlaut biru yang membentang sepanjang 50 kilometer di Laut Mediterania tampak begitu menawan. Pemandangannya yang didominasi rumah-rumah penduduk dan gereja yang didominasi warna coklat terlihat begitu sempurna bagaikan sebuah potret lukisan. Sejumlah pantainya, seperti Pantai Arienzo juga menjadi idaman para keluarga di Eropa sebagai tempat bersantai sambil menikmati hangatnya udara Laut Mediterania. Lebih pas lagi ditemani dengan kue Cannoli, sebuah pastry klasik khas Italia yang memiliki kulit luar yang garing berbentuk seperti pipa dengan isian krim keju ricotta yang kadang ditaburi coklat, kacang pistachio atau buah-buahan kering. Kombinasi rasanya manis dan asin gurih pada krim keju yang lembut dan salah satunya yang terkenal berasal dari kedai kue bernama Pasticceria Savoia yang juga berlokasi di Amalfi Coast.

Keindahan-keindahan pesisir selatan Italia tersebut tentunya akan menjadikan pengalaman Anda lebih berwarna dan masih banyak hal-hal menarik dan seru lainnya yang dapat Anda temukan di sini. Pastikan Wita Tour selalu menjadi Sahabat Perjalanan Anda di Italia melalui program WITA EXOTIC ITALY, ALBEROBELLO, SICILY & GREECE!

Comments