SEJUTA KISAH KLASIK DI PRAHA



Pernah menjadi salah satu kota tertua dan kota terpenting di Eropa yang merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi. Praha yang kini menjadi ibu kota Republik Ceko terkenal memiliki sejumlah menara kastil yang melindungi area kota dan masih eksis hingga saat ini. Julukan Kota Seratus Menara pun terpatri pada suasananya yang cukup membawa kita pada nuansa zaman Romawi dengan ragam desain bangunan yang artistik dan terkenal kokoh. Hal tersebut sangat terasa ketika kaki berpijak di depan Kastil Hradcany yang menjadi cikal-bakal Kota Praha.

Kastil Hradcany merupakan salah satu kastil terbesar di dunia dengan pemandangan menakjubkan yang menghadap ke jantung kota, tepi barat Sungai Vltava. Diperkirakan dibangun pada tahun 880 oleh Pangeran Borivoj dari Dinasti Premyslid, Hradcany menjadi kompleks kastil yang benar-benar menghadirkan keindahan layaknya dunia dongeng. Kastil kini menjadi kediaman resmi Presiden Republik Ceko. Di kompleks kastil ini, kita juga dapat melihat Taman Kastil dengan Rumah Musim Panas Kerajaan, Istana Cermin dan bekas Biara Strahov yang kini dibangun sebagai perpustakaan dengan ciri khas lukisan di langit-langit atasnya yang sangat estetis. Sebuah air mancur di Taman Kastil (Royal Garden) yang berjuluk Air Mancur Menyanyi (The Singing Fountain) juga sangat mencuri perhatian dari gemericik suara airnya yang jatuh di atas permukaan perunggu yang beresonansi sehingga memancarkan suara seperti melodi musik.

Tak jauh dari Kastil Hradcany, juga terbentang Jembatan Charles sepanjang 516 meter melintasi Sungai Vltava. Menghubungkan area kota tua Praha (Old Town) dengan area Lesser Town, jembatan yang dibangun pada tahun 1357 oleh pemimpin karismatik Ceko di zaman Romawi, Raja Charles IV menjadi spot yang terkenal sangat cantik dan romantis. Suasana romantis kian terasa kala terlihat banyak pasangan tampak memasang gembok cinta di sebuah pagar yang ada di area jembatan ini. Banyak pasangan yang percaya dengan mengikat gembok pada pagar di Jembatan Charles ini, cinta mereka kian abadi dan membawa mereka kembali ke kota Praha.

Sambil menikmati segarnya udara dan pemandangan Sungai Vltava, sajian lokal Trdelnik sangat pas berada di tangan untuk menemani momen santai di Praha. Sajian lokal yang sangat populer di Praha ini dapat dengan mudah kita temukan di kawasan Old Town. Adonan yang digulung menjadi potongan-potongan tipis lalu dililitkan di sebuah alat seperti penggulung yang dalam bahasa setempat disebut Trdlo dan dipanggang di atas arang hingga warnanya kecoklatan. Bentuknya tampak melingkar berbentuk seperti silinder kayu yang diberi taburan gula putih dan bubuk kayu manis sehingga terasa hangat, manis dan renyah dan kadang untuk menarik dari segi rasa dan tampilan yang agak berbeda, banyak penjual di sini yang juga menambahkan es krim dan baluran kacang pada Trdelnik.

Eloknya Praha dan sejumlah bangunan bersejarah yang penuh nilai estetika tinggi siap menghiasi momen liburan Anda, Wita Tour sebagai Sahabat Perjalanan Anda di Praha akan menemani Anda dalam program WITA TREASURE OF EAST EUROPE & POLAND!

Comments