MYKONOS : SISI LAIN TERINDAH DARI YUNANI



Jika sudah mendengar destinasi Yunani, pastinya yang muncul pertama di pikiran pastinya adalah Pulau Santorini yang sangat terkenal dengan pemandangannya yang begitu ikonik. Tetapi di samping Santorini, Yunani juga punya Mykonos yang pesonanya tidak kalah menarik para penikmat liburan termasuk para selebriti dan jet-setter.

Di balik pesona, Pulau Mykonos menyimpan mitologi Yunani yang menarik. Sebagian orang percaya bahwa pulau ini merupakan tubuh Dewa Gigantes usai dikalahkan Dewa Hercules dan kemudian dikuasai kembali oleh Mykonos, keturunan Dewa Pemanah Apollo yang kemudian menjadi penguasa pertama pulau ini. Siapapun pastinya dibuat terpana oleh dominasi bangunan khas Yunani bercat putih dan beratap biru yang terlihat begitu anggun.

Perairannya yang terlihat jernih seperti kristal berwarna biru dengan pasirnya yang terlihat begitu putih, beberapa pantai populernya seperti Platis Gialos dan Ornos menjadi favorit para keluarga menghabiskan waktu bersantai sambil berolahraga air seperti selancar angin dan selancar layang. Lembutnya hembusan angin pantai terus menyentuh kami dan mengingatkan pada Greek Yogurt alias Yogurt Yunani yang bertekstur lebih tebal dan lembut dibandingkan yogurt biasa. Terkenal memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan, tinggi kalsium, dan protein, Greek Yogurt di Yunani memiliki rasa asam segar yang cocok menjadi pengganti mayones, untuk dicampurkan ke dalam salad atau menjadi hidangan penutup dengan dihiasi topping yang cantik.

Dari kejauhan di pulau ini, juga terlihat beberapa kincir angin yang diketahui berasal dari abad ke-16. Dalam bahasa Yunani, kincir angin yang berdiri di puncak tebing disebut Kato Mili. Pada masanya, kincir angin ini pernah digunakan untuk menggiling gandum yang menjadi pangan utama penduduk pulau ini. Meski sudah tidak lagi digunakan sebagai penggiling gandum, pesonanya tetap menjadi magnet pulau ini. Sebagian kincir angin ada yang dialihfungsikan menjadi restoran dan bar lokal dan sebagian lainnya ada yang menjadi Museum Agraria Mykonos. Pemandangan di sekitar kincir angin juga terlihat begitu cantik saat hari mulai memasuki senja. Cahaya warna-warni pun langsung menghiasi Chora mengganti sang surya yang telah kembali ke ufuknya.

Menutup momen terbaik di Mykonos, pastikan juga tidak lupa membawa pulang sejumlah souvenir, seperti miniatur kincir Kato Mili, perhiasan khas Mykonos hingga sabun zaitun yang terkenal kaya akan vitamin untuk kulit. Dan keeksotisan Yunani lainnya selain Mykonos juga siap menyapa Anda dalam program WITA SURPRISING GREECE, MYKONOS, & SANTORINI bersama Wita Tour yang selalu setia menjadi Sahabat Perjalanan Anda.

Comments