Selandia Baru Rasa Britania Raya di Dunedin



Ingin menikmati sisi klasik Selandia Baru yang beda dari kota-kota, seperti Wellington dan Auckland? Dunedin, kota terbesar kedua di pulau bagian selatan Selandia Baru jadi pilihan yang paling pas. Kota yang ditemukan oleh para perantau dari Skotlandia, Britania Raya Utara pada tahun 1844 ini punya ciri khas yang membedakannya dari kota-kota lainnya di Selandia Baru, seperti Auckland dan Wellington. Di saat kota-kota besar tersebut sudah memperlihatkan kesan Selandia Baru yang modern, Dunedin masih mempertahankan arsitekturnya yang kental ala Skotlandia.

Sesuai dengan namanya, Dunedin sendiri memang berasal dari bahasa Inggris Skotlandia Dun Eidann yang merujuk pada kota Edinburgh di Skotlandia. Kesan tersebut sangat kental pada kastil Larnach. Sebuah kastil yang pernah dihuni oleh William Larnach seorang pengusaha lokal Selandia Baru. Struktur bangunannya sedikit memiliki kemiripan dengan Istana Balmoral di Skotlandia karena memang keduanya sama-sama berasal dari era Victoria yakni di tahun 1800-an. Bedanya interior pada kastil ini semua materialnya mencirikan perpaduan nuansa khas Victoria Inggris dengan Selandia Baru yang semuanya dirancang oleh pengrajin lokal mulai dari ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga hingga selasar. Bagian belakang kastil pun tidak kalah menarik karena di taman seluas 7 hektar dengan beragam tumbuhan dan bunga lokal dari Selandia Baru menjadi pemandangan elegan untuk bersantai sambil menikmati segelas teh dan kudapan elegan perpaduan Inggris dengan Selandia Baru.

Dari bangunan bergaya Victoria, sentuhan Kepulauan Britania Raya juga ditemukan di Tunnel Beach. Sebuah pantai dengan tebing batu besar dan hamparan rumput hijau yang terhampar sempurna di permukaan atasnya. Struktur tebing batu dengan hamparan rumput hijaunya cukup mengingatkan pada sebuah tebing batu yang ada di daerah Irlandia bernama Cliffs of Moher. Yang membedakannya, tebing batu ini memiliki anak tangga tebing dan akses seperti terowongan yang memungkinkan pengunjung pantai untuk menikmati keindahan pantai secara keseluruhan. Menikmati pasirnya yang putih dengan pandangan luas yang mengarah ke lautan Pasifik dengan langit yang begitu biru memberikan kesan yang begitu tak terlupakan.

Punya sisi kultur dan alam yang menarik, Dunedin pun memiliki sisi estetika yang unggul. Di pusat kota Dunedin tepatnya dekat pelabuhan beragam mural pun terlukis sempurna. Lokasinya tepatnya berada di Vogel Street. Di sinilah kita bisa menemukan sejumlah mural yang karakteristiknya mirip dengan mural yang berada di jalan di London. Ada yang menggambarkan sejumlah tokoh terkenal seperti selebriti dan fenomena yang sedang populer saat ini yang semuanya menarik untuk diabadikan ke dalam kamera menjadi foto yang sangat instagrammable.

Jadi, waktunya menikmati liburan dengan sensasi yang berbeda hanya di Selandia Baru bersama WITA TOUR, Sahabat Perjalanan Anda dalam program WITA BEAUTIFUL NEW ZEALAND & HOBBITON.

Comments