DARI SEBONGKAH BATU KARANG MENJADI GEREJA TERUNIK DI DUNIA!



Itulah predikat yang disandang oleh gereja yang bernama Temppeliaukio, sebuah gereja yang terletak di distrik Toolo di Helsinki, ibu kota Finlandia. Ya, salah satu gereja besar di Finlandia ini memang punya konstruksi yang sangat tidak biasa. Di saat gereja-gereja di dunia pada umumnya dibangun dari konstruksi beton, Temppeliaukio justru menggunakan konstruksi yang sepenuhnya berasal dari sebongkah batu karang.

Tidak seperti gereja-gereja di Eropa pada umumnya yang penuh dengan pahatan relief dan patung, desain Gereja Temppeliaukio juga cenderung lebih sederhana. Hanya berupa sebuah batu karang besar melingkar dengan sebuah kubah besi di tengahnya, konsep ini memang lahir dari arsitek, Timo & Tuomo Suomalainen yang kala itu memenangkan sayembara arsitek peremajaan lapangan Temppeliaukio pada tahun 1961. Pintu masuknya pun juga tidak tampak seperti gereja pada umumnya. Langit-langit pada bagian pintu masuk terlihat tergolong rendah dengan tembok batu karang yang terlihat kokoh di sebelah kanan. Langkah pun sampai di bagian dalam gereja yang kali ini dengan langit-langit yang cukup tinggi dan terlihat begitu luas dengan material kayu yang turut menjadi dekorasi interior dari gereja terutama pada bagian kubah dan alat musik organ. Suasana di dalamnya terasa cukup hening dan juga terlihat begitu terang berkat pancaran sinar matahari yang masuk dari sisi-sisi kubah gereja. Hanya ada lampu di beberapa titik untuk mempertegas sisi elegan interior gereja terutama pada material kayu.

Suasana hening yang ditemani dengan udara di dalam gereja yang terasa sejuk inilah yang menjadi alasan mengapa bangunan gereja ini kerap menjadi sebuah venue dari sejumlah konser musik lokal Finlandia di samping kerap mengadakan ibadah mingguan bagi umat Kristiani. Setiap minggunya sejumlah seniman musik lokal terutama beraliran klasik mengadakan konser di gereja ini dan memungkinkan siapapun untuk menikmati alunannya sambil menikmati suasana gereja. Alunan musik makin terlihat senada dengan interior gereja yang terlihat kian elegan di malam hari.

Menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan bisa menikmati sebuah gereja terunik di dunia yang menjadi salah satu ikon paling populer di Finlandia. Masih banyak hal-hal menarik lainnya yang ada di Finlandia dan pastikan WITA TOUR menjadi Sahabat Perjalanan Anda di Finlandia dalam program WITA FINLAND & NORWAY WINTER WONDERLAND.

Comments