WAJIB BELI OLEH-OLEH INI DI GRAND BAZAAR ISTANBUL!



Jalan-jalan ke Istanbul, Turki pastinya sudah tidak asing dengan salah satu tempat yang bernama Grand Bazaar. Pasar yang dibangun pada musim dingin tahun 1455 ini memiliki sekitar 4.000 toko yang menjual beragam pernak -pernik khas Turki yang bisa dibawa pulang.

Ada Teh Turki atau Turkish Tea yang pengolahannya dengan cara memanaskan teko khusus bertingkat dua khas Turki di atas kompor. Punya warna dan karakter teh yang pekat, ciri khas rasanya terletak pada sentuhan rasa pahitnya dengan sedikit asam dan disajikan dalam gelas kecil berpinggang ramping atau dikenal sebagai ince belli. Dikemas dalam kemasan yang cukup artistik, teh Turki pun kerap menjadi salah satu pilihan oleh-oleh terbaik untuk kerabat. Selain teh Turki, kopi Turki atau Turkish Coffee juga menjadi pilihan terbaik lainnya apalagi pembuatannya sangat mudah dilakukan di mana saja dan tergolong menjadi minuman wajib masyarakat Turki. Teksturnya yang bergelembung dan harus pada permukaannya setelah dipanaskan di atas kompor menggunakan air panas dan gula di dalam pot Cezve, membuatnya kerap disukai oleh kalangan pecinta kopi apalagi dengan rasa kopi yang kuat dan after-taste yang terasa seperti coklat.

Sudah ada kopi atau teh Turki, saatnya memilih beberapa cemilan wajib khas Turki untuk dibawa pulang. Ada Turkish Delight, manisan khas Turki yang kenyal dan lembut berbahan dasar tepung pati dan gula dengan beragam rasa yang populer mulai dari rose, jeruk, kacang pistachio, kacang walnut, mint dan rasa-rasa lainnya. Rasa manis dan sedikit dingin dari taburan gula halus di luarnya juga membuatnya sangat pas dinikmati bersama teh Turki. Cemilan lainnya ada Baklava, kue pastri khas Turki warisan Kesultanan Ottoman yang terbuat dari kacang tumbuk dengan sirup gula atau madu, dan ditambah taburan walnut atau pistachio. Kulit Baklava tergolong lebih garing daripada sejumlah pastri khas Eropa dengan rasa yang lebih manis. Untuk menjadi buah tangan kembali ke Tanah Air, baklava juga kerap dikemas dalam kemasan yang sangat menarik oleh para penjualnya di Grand Bazaar.

Ada pernak-pernik yang tak kalah menyita perhatian di Grand Bazaar, yaitu Nazar Boncogu, sebuah pernak-pernik khas Turki dengan warna biru dan putih yang khas seperti keramik di Masjid Biru dan terbuat dari kaca. Dengan bentuk yang menyerupai sebuah mata, masyarakat Turki mempercayai bahwa mereka selalu berada dalam lindungan Sang Pencipta sehingga dikaruniai rezeki berlimpah dan dijauhkan dari marabahaya saat menggantungnya di dalam mobil, di depan rumah atau di kantor. Tampilannya pun juga mempercantik setiap sudut rumah sama seperti porselen Turki atau Turkish Ceramics, dengan desain yang dirancang oleh para pengrajin handal Turki menjadi sebuah mangkuk, piring, vas keramik, dan pernak-pernik lainnya. Keramik Turki pun juga menjadi salah satu kerajinan keramik tertua di dunia sehingga sangat layak untuk menjadi buah tangan yang mengabadikan momen liburan terbaik di Turki.

Masih ada suvenir-suvenir menarik Turki lainnya yang ada di sini dan inilah saatnya menjelajahinya bersama dengan pelosok-pelosok menarik yang lain di Turki dalam program LEISURE BEST OF TURKEY + SKI RESORT bersama Wita Tour, Sahabat Perjalanan Anda!

Comments