KEMERIAHAN PASAR NATAL BRUSSELS YANG TIADA DUANYA!



Natal semakin dekat, sejumlah kota di dunia termasuk Eropa tampak antusias menyambut momen yang selalu paling ditunggu-tunggu setiap akhir tahun ini. Kemeriahan pasar Natal alias Christmas Market di berbagai kota di Eropa, tak terkecuali Brussels, Belgia menjadi alasan mengapa momen Natal di sini terasa begitu menarik, hangat dan berbeda. Brussels Christmas Market yang diadakan setiap tahunnya menjadi salah satu pasar Natal terbaik di Eropa yang penuh dengan beragam pernak-pernik spesial khas Natal. Pertama kali datang ke pasar Natal yang lokasinya terbentang dari area Grand Place hingga Marche aux Poissons sejumlah gedung bergaya Gothic dan Baroque tampak bersolek indah menyambut suasana Natal. Alunan musik bertemakan Natal turut mengisi gemerlap kemeriahannya apalagi kala malam tiba dan lampu-lampu dekorasi Natal bertabur dengan kegemerlapannya. Semarak kemeriahannya pun semakin lengkap dengan kehadiran gemerlap dari bianglala yang berdiri di tengah-tengah Pasar Natal Brussels serta arena ice skating yang ramai oleh para penggemar olahraga ice skating yang semuanya tampak antusias meluncur di atasnya.

Sembari mendengarkan lagu-lagu Natal klasik seperti 'Silent Night' dan lainnya, hal yang paling menarik adalah melihat ikon sekaligus landmark kota Brussels, Manneken Pis. Patung air mancur berwujud seorang anak laki-laki yang sedang buang air kecil tersebut tampak sedang mengenakan pakaian khas Natal layaknya Santa Claus. Penampilannya yang sangat berbeda dari biasanya ini, mengundang banyak orang untuk berfoto dan menghampirinya. Dan tibalah saatnya untuk melihat beragam stan yang tampak terlihat seperti rumah kayu klasik khas Eropa. Berbagai suvenir khas Belgia mulai dari ornamen, perhiasan, aksesoris banyak ditawarkan di pasar Natal ini. Lebih dari itu semua, hal menarik lainnya pasar Natal di Brussels juga banyak merangkul produk luar negeri untuk bersanding dengan produk-produk lokal Belgia. Sebut saja, pakaian musim dingin khas Mongolia yang sulit ditemukan di tempat lain di luar Mongolia, justru hadir di Pasar Natal Brussels. Warga lokal Belgia terlihat antusias melihat-lihat model pakaian khas Mongolia yang tampak unik dibandingkan dengan pakaian musim dingin lainnya di Eropa. Selain itu, sejumlah kerajinan Natal hasil karya pengrajin dari negara-negara Eropa lain, seperti Yunani, Jerman dan Spanyol juga terlihat tak mau kalah memperlihatkan kekhasan karyanya masing-masing.

Pasar Natal di Brussels juga menjadi momen yang tepat untuk Anda menikmati beragam makanan maupun minuman unik yang hadir hanya pada saat pasar Natal ini berlangsung saja. Ada sebuah minuman hangat yang bernama “Gluhwein” yang berarti wine dengan warna yang terang. Dengan rasa yang lebih hangat dibandingkan wine biasa, wine yang satu ini memiliki rasa yang lebih berempah karena menggunakan campuran rempah-rempah seperti jeruk, kayu manis, cengkeh dan bunga lawang yang sangat membantu untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Makanannya sendiri ada Tartiflette, sebuah makanan kecil yang sangat terkenal di Pasar Natal Brussels yang terdiri dari kentang yang dimasak dengan keju, potongan bacon, bawang, dan dicampur dengan anggur putih yang rasanya gurih dan hangat. Agar ada sentuhan segar, tidak ada salahnya juga menggabungkannya dengan tiram segar dan juga seafood lainnya yang dijual di dekatnya. Menutup manisnya santapan ringan di Brussels Christmas Market, saatnya menikmati kue paling populer di Belgia yaitu Wafel Belgia yang tersaji dengan cokelat, buah-buahan, krim, dan topping lainnya atau menikmati Eierpunsch berupa segelas jus jeruk hangat yang dicampur dengan alkohol berbahan dasar rhum dan telur bernama egg nog, vanila dan krim di atasnya.

Benar-benar menjadi sebuah pengalaman liburan Natal yang begitu berbeda dan tidak terlupakan. Mari segera rencanakan liburan akhir tahun Anda bersama keluarga dan kerabat dalam LEISURE HOLIDAY WEST EUROPE bersama WITA TOUR, Sahabat Perjalanan Anda!

Comments