HAL-HAL MENARIK & TAK TERDUGA YANG ADA DI MALDIVES



Panorama lautan biru dan pulau-pulaunya yang indah sejauh mata memandang memang sudah melekat dengan sebuah destinasi yang bernama Maldives alias Kepulauan Maladewa. Akan tetapi, lebih dari itu ternyata Maldives yang identik dengan resor-resor mewah kelas dunianya punya pesona lainnya yang sangat jarang diketahui banyak orang.

Pertama, soal wisata sejarah dan budaya ada Utheemu Ganduvaru. Sebuah rumah sederhana yang hampir keseluruhannya dibangun dari kayu terbaik yang telah berusia lebih dari 500 tahun. Lokasinya sendiri tidak diketahui banyak orang karena berada di balik pantai Pulau Utheemu yang kerap menjadi tempat bersantai bagi sebagian orang yang sedang berlibur di Maldives. Ternyata sebuah fakta menarik tersimpan di rumah ini. Sultan Mohamed Thakurufaanu, seorang pemimpin yang begitu disegani dalam sejarah Maldives terlahir di rumah ini. Ia dianggap sebagai sosok penting yang membuat eksistensi Maldives kian maju dan begitu dikenal di dunia. Bahkan, seorang pelaut terkenal Perancis, Francois Pyrard de Laval pernah menggambarkan kesan baiknya melihat Maldives dari Pulau Utheemu saat pertama kali menginjakkan kakinya di pulau ini di tahun 1600-an.

Kedua, ada Maafushi Island. Pulau yang satu ini juga terkenal sebagai pilihan wisata versi hemat di Maldives. Hamparan pasir yang putih dengan keindahan perairan yang berwarna biru kehijauan langsung menjadi pemandangan yang mencuri perhatian begitu berjalan-jalan di sini. Di bawah laut birunya juga terdapat alam yang sangat mengesankan. Begitu ber-scuba diving sambil ditemani pemandu selam ke bawahnya, terlihat keragaman biota laut mulai dari pari manta, pari elang, penyu, hiu sirip abu-abu, hiu sirip putih, hiu paus, dan beragam karang yang terlihat cantik. Jika masih ingin menikmati dengan utuh panorama alam di Maafushi, sejumlah fasilitas olahraga air juga siap menemani waktu Anda mulai dari parasailing, wakeboarding, ski air, kneeboarding, windsurfing, flyboarding, dan lain-lain.

Dan ketiga untuk urusan belanja, Maldives ternyata juga punya spot belanja yang terletak di dua area di Male, yaitu Majeedhee Magu dan Chaandhanee. Beragam kerajinan tangan khas Maldives ditawarkan oleh para pedagang lokal dan kerap dijadikan oleh-oleh siapapun yang berkunjung ke Maldives. Ada beragam kerajinan khas Maldives yang berbahan dasar kelapa sesuai dengan karakter pantai-pantai di Maldives yang banyak dipenuhi pepohonan kelapa, mulai dari Raa Bandhi sebuah wadah dari dua batok kelapa yang disambung dan diberi pahatan bercorak Maldives yang tampilannya cukup artistik hingga beragam perhiasan. Selain itu, ada pula Thundu Kunaa sebuah karpet khas Maldives yang dirajut dari tumbuhan waru laut dan diwarnai dengan pewarna alami yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan air kelapa fermentasi. Motifnya yang khas menjadikannya sangat cocok sebagai dekorasi rumah.

Itulah hal-hal tak menarik dan tak terduga yang ada di Kepulauan Maldives melebihi apa yang melekat dengan ikon Maldives yang ada di bayangan hampir semua orang. Ayo rencanakan liburan terbaik Anda di Maldives bersama WITA TOUR, Sahabat Perjalanan Anda!

Comments