SERUNYA MUSIM DINGIN DI FINLANDIA & NORWEGIA



Dekat dengan Kutub Utara, Finlandia dan Norwegia yang menjadi bagian dari daerah Skandinavia memang terkenal dengan udaranya yang tergolong sejuk sepanjang tahun. Sejuk udaranya yang menemani panorama es dan salju tebal di setiap sudutnya, sangat mempertegas identitasnya sebagai salah satu destinasi musim dingin terbaik di dunia. Beragam aktivitas menariknya pun selalu menarik siapapun.

Yang terkenal salah satunya, misalnya Northern Lights atau yang dikenal sebagai Aurora Borealis. Pancaran cahaya yang tampak bergerak-gerak seperti sebuah gelombang, tampak menghiasi langit malam dengan kombinasi warna biru, hijau dan ungu yang tampak begitu menakjubkan. Pergerakan dan kombinasi warna cahaya yang terlihat memecah heningnya langit malam yang bertabur bintang ini berasal dari gesekan partikel bermuatan listrik di udara dengan gas yang ada di lapisan atmosfer bumi. Di Finlandia, Aurora Borealis yang lebih mudah terlihat di area Lapland Utara terutama dari bulan September hingga April menjadi sebuah pengalaman yang paling berharga dan sulit terlupakan sehingga jangan lupa menyiapkan kamera Anda untuk mengabadikan keelokannya. Keelokannya sangat terlihat jelas terutama bila terlihat menghampiri tepian danau atau laut.

Sudah menikmati Lapland dengan pemandangan Aurora Borealisnya di malam hari, saatnya menyusuri lautan es Finlandia di Kemi pada siang hari dengan Sampo Icebreaker Cruise. Selama hampir kurang lebih 3,5 jam, Anda akan dibawa menyusuri lautan Teluk Bothnia yang benar-benar membeku pada saat musim dingin. Di atas kapal, sejumlah minuman panas tersaji di Icebreaker Bar yang terletak di dalam kabin kapal yang terasa hangat. Tidak hanya menikmati pemandangan lautan yang tertutup es, sebelum kembali ke pelabuhan, kapal akan berhenti selama kurang lebih 1 jam yang memungkinkan penumpang kapal untuk mencoba mengapung di atas es menggunakan pakaian khusus dan ditemani oleh pemandu kapal profesional.

Beralih ke Kirkenes yang terletak di Norwegia Utara untuk berburu salah satu kepiting terbaik di dunia, yaitu kepiting raja (King Crab) melalui aktivitas King Crab Safari. Sambil mengendarai kendaraan salju yang umumnya disebut Snow Mobile Sledge dan menyusuri jalan es yang kerap disebut fyord oleh orang-orang Norwegia. Sebuah pot lebar disiapkan untuk memancing kepiting yang ada di perairan di bawah lapisan es. Pot tersebut kemudian perlahan ditarik ke atas untuk memastikan apakah ada kepiting di dalamnya atau tidak. Jika ada kepiting di dalamnya, kepiting pun langsung dipotong dalam keadaan segar. Mereka bisa dimakan dalam kondisi segar, tetapi kerap kali kepiting ini dimasak untuk rasa yang lebih maksimal kelezatannya. Rasanya juga terbilang paling segar dan manis bila dibandingkan kepiting biasa dan kerap tersaji dengan roti atau nasi juga. Mengingat ukurannya yang tergolong besar agar tidak melewatkan nikmatnya kepiting ini, sebaiknya roti atau nasi dikonsumsi sedikit saja agar tidak kenyang lebih cepat.

Sebuah pengalaman liburan musim dingin yang sangat mengesankan dari Finlandia & Norwegia. Ayo, rencanakan liburan Anda bersama keluarga dan kerabat di Finlandia & Norwegia dalam program WITA FINLAND & NORWAY WINTER WONDERLAND bersama WITA TOUR, Sahabat Perjalanan Anda!

Comments