Wasabi, Lebih dari Sekedar Makanan

Bagi para pecinta makanan jepang terutama sushi pasti tidak asing dengan yang namanya wasabi. Wasabi yang memiliki cita rasa pedas sering di sajikan dengan sushi atau bisa disebut sebagai 'sambal'nya sushi. Wasabi termasuk dalam tumbuhan brassicaceae sama dengan lobak, karenanya wasabi sering diidentikkan lobak jepang meski keduanya berbeda. Meskipun wasabi merupakan salah satu makanan paling terkenal di jepang dan banyak orang yang menikmatinya, sebenarnya wasabi adalah salah satu jenis tumbuhan yang hanya dapat tumbuh di tempat-tempat tertentu karena sulit dikultivasi. Salah satu tempat yang sempurna ada di sungai gunung yang teduh di Jepang dan di beberapa tempat, seperti prefektur Shizuoka, Nagano, dan Iwate. sebuah wasabi membutuhkan sekitar 2 tahun lamanya untuk menjadi matang. Hal ini menyebabkan sulitnya menemukan wasabi yang memang benar-benar murni sehingga kebanyakan wasabi yang kita konsumsi di restoran jepang terutama yang di luar jepang tidak menggunakan wasabi asli. Biasanya produk tersebut mengandung lobak, mustar Tiongkok, dan pewarna makanan sehingga Warnanya hijaunya terlihat cerah dan bertekstur halus serta rasanya tajam berlebih sampai menutup cita rasa asli dari ikan/sushi.
Wasabi asli juga bukan hanya sekedar pedas, ia memiliki rasa herbal yang enak dan meningkatkan cita rasa makanan. selain digunakan dalam dunia kuliner sebagai pendamping makanan, wasabi juga digunakan untuk kosmetik dan keperluan medis karena wasabi yang asli mengandung kalsium tinggi, vitamin C yang bersifat anti-mikroba, anti-karsinogenik dan anti-inflamasi yang dapat memberikan beberapa manfaat seperti :
  • Melancarkan peredaran darah.

  • Membangkitkan energi dalam tubuh.

  • Meringankan penyakit alergi, asma, dan kanker.

  • Memerangi infeksi bakteri terutama bakteri E.Coli dan Staphylococcus Aureus (infeksi Staph).

  • Membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh, stroke, dan serangan jantung.

  • Membantu mengurangi risiko terkena pembengkakan sendi, peradangan, dan bahkan bisa mencegah efek dari arthritis.

  • Dapat digunakan sebagai bahan pembuat minyak pijat dan bahan kosmetik perawatan kulit.

Jika anda tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang wasabi asli secara langsung, Anda dapat mengikuti program kami di Leisure Japan Shirakaba Shirakwago Tour, untuk mengetahui informasi lebih lanjut silakan klik di sini

Comments