Liburan Asia Citarasa Eropa

Asia Tengah mungkin masih terdengar asing dan jarang menjadi pilihan untuk liburan, padahal di sana menyimpan banyak tempat-tempat yang menarik dan bersejarah untuk dikunjungi. Dilihat dari latar belakang sejarahnya, tidak heran wilayah ini sangat kaya akan sejarah dan budaya karena percampuran budaya timur dan barat. Sebagian besar wilayah negara-negara tersebut terdiri dari gurun, pegunungan, dan penampakan alam lainnya yang indah.

Selain penampakan alamnya yang indah, negara-negara tersebut juga memiliki bangunan bersejarah bernuansa percampuran Asia dan Eropa yang tak boleh dilewatkan. mengingat negara-negara tersebut merupakan bagian dari Jalur Sutra (Silk Road). Jalur yang ikonik tersebut merupakan penghubung dari peradaban barat dan timur pada zamannya. Anda akan merasakan seperti sedang berada di Eropa.

Tajikistan yang merupakan salah satu negara dengan destinasi paling menarik di Asia Tengah memiliki sejumlah atraksi menarik sebagai berikut.

1. Pegunungan Fann

Pegunungan Fann merupakan pegunungan yang terkenal dengan keindahan alamnya dan suasana ramah pedesaan penduduk lokal Tajikistan yang terletak di bagian barat Tajikistan. Pesona Pegunungan Fann yang didukung oleh banyaknya danau-danau kecil dan hutan-hutan membuat tempat ini bagaikan Pegunungan Alpen yang dipindahkan ke Asia. Hal tersebut semakin terasa dengan kehadiran puncak-puncak gunung yang bersalju serta sejumlah danau yang membentuk lembah-lembah dengan airnya berwarna biru masing-masing memiliki warna berbeda dari biru cerah sampai biru kehijau-hijauan. Di antara danau-danau tersebut, danau yang paling terkenal adalah danau Iskanderkul yang terkenal dengan legenda dibalik keindahannya. Nama danau tersebut diambil dari nama Alexander yang Agung yang menurut legenda setempat membangun danau tersebut dari aliran sungai yang dibelokkannya dari sungai yang ada di pemukiman penduduk Marakundu yang menolak pemerintahan Alexander yang Agung. Penduduk Marakundu yang marah kemudian mengejar sang pemimpin hingga ke danau tersebut. Sang pemimpin berhasil lolos, tetapi kuda kesayangannya Bucehalus tewas setelah terjun ke dalam danau tersebut. Tak heran setiap malam bulan purnama, penduduk lokal meyakini bahwa arwah Bucephalus muncul dari danau dan terlihat sedang memakan rumput di sekitaran danau.
Selain danau, pegunungan ini juga menjadi tempat beberapa spesies tumbuhan dan hewan yang eksotis. Sea Buckthorn memiliki daun, bunga dan biji yang dapat digunakan menjadi obat karena mengandung vitamin, anti oksidan, asam dan mineral. Kemudian, Ferula Sumbul tanaman obat yang terkadang digunakan untuk praktik medis di Eropa. Lalu, Nevskii Honeysuckle yang biasanya tumbuh di belahan bumi utara memiliki sebagai anti-biotik alami. Sementara itu, zona hutan gugur yang ada di sekitar pegunungan menjadi tempat hunian beberapa hewan seperti beruang, macan tutul salju yang langka, elang gurun turkestan atau yang dikenal dengan himalayan snowcock, dan berbagai jenis burung eksotik lainnya.

2. Dousti Square

Tempat bersejarah yang terletak di pusat kota Dushanbe ibukota Tajikistan memiliki makna Persahabatan. Pada awalnya bangunan ini adalah kantor pos utama untuk Lenin Avenue yang kemudian setelah merdeka dari Soviet, tempat ini berganti nama jadi Ozodi Square yang artinya kebebasan, kemudian beberapa tahun kemudian di ganti nama menjadi Dousti. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota dan juga melihat Somoni Monument yang berdiri megah sejak tahun 1999. Monumen yang berhiaskan emas ini dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-1.100 dari Dinasti Samani. Dengan tinggi 13 Meter maka tak heran monumen ini menjadi daya tarik utama disini. Di belakang monumen juga terdapat air mancur dengan cahaya dan musik yang menambah kesan indah, membuat banyak turis yang tertarik mengunjungi, berfoto atau sekedar berjalan kaki menikmati tempat ini. Selain Somoni Monument, juga terdapat Parliament House yang dahulu berfungsi sebagai markas pemerintahan ketika masih bergabung dengan Uni Soviet hingga saat ini. Kehadiran spot-spot khas Eropa ini membuat suasana di lapangan ini mirip dengan Lapangan Kremlin di Moskwa, Rusia.

3. Tajikistan National Museum of Antiquities

Tidak jauh dari Dousti Square, Anda juga akan menemukan bangunan lainnya yang kental dengan arsitektur khas Eropa Rusia, yaitu Tajikistan National Museum of Antiquities. Museum yang memiliki dua lantai ini menyimpan berbagai koleksi artefak bersejarah dari abad ke-4 sebelum masehi hingga awal abad ke-20 yang dari beberapa wilayah di Asia Tengah. Koleksi artefak di museum ini dibagi menjadi beberapa kategori seperti artefak arkeologi, keramik, senjata, perhiasaan bersejarah, dan lainnya. Diantara banyaknya koleksi di museum ini, Patung Buddha in Nirvana merupakan koleksi yang paling populer. Patung Buddha yang sedang berbaring dengan satu tangan pada tumpukan bantal ini memiliki tinggi yang hampir mencapai 13 meter dan memiliki berat lebih dari 5 ton sehingga merupakan patung Buddha terbesar di Asia Tengah.

Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Yuk, ikuti program tur kami WITA Tour Five Tan Countries of Central Asia. Silakan cek disini untuk detail-nya.

Comments