Mengenal Ninja Lebih Dekat di Iga-ryu Ninja Museum Jepang

Selama ini mungkin Anda hanya melihat ninja sebatas hanya pada cerita di televisi atau buku saja. Akan tetapi, ninja sebenarnya adalah sosok nyata yang ada di Jepang, yakni seorang mata-mata profesional pada jaman feodal Jepang yang cerdik, menguasai trik menghilang dan bersembunyi dari musuh. Hingga saat ini, ninja terbilang cukup misterius karena jejak mereka tidak diketahui dengan jelas. Akan tetapi, Anda dapat mengenal ninja lebih dekat di Iga-ryu Ninja Museum Jepang.

Museum yang terletak di Desa Iga, Prefektur Mie ini memang didedikasikan untuk semua hal yang berkaitan dengan Ninja. Dengan dipandu oleh ninja wanita (kunoichi), Anda dapat melihat dan memasuki rumah ninja yang penuh dengan trik, ilusi dan rahasia yang mengesankan. Berikutnya, Anda juga akan disuguhkan pameran dari ratusan benda yang berhubungan dengan kehidupan ninja, berbagai macam jenis senjata dan alat yang digunakan seperti samurai, pedang (katana), senjata lempar berbentuk bintang (shuriken) hingga kostum para ninja. Selain itu, Anda juga dapat melihat lebih dekat gaya hidup para ninja mulai dari teknik dan strategi yang digunakan, kode dan tulisan rahasia para ninja hingga kemampuan mereka dalam meracik tanaman sebagai obat dan racun untuk melumpuhkan musuh mereka.

Untuk melihat trik para ninja secara lebih jelas, museum ini juga menyediakan Ninja Show yang menampilkan keterampilan otentik ninja dengan alur cerita pertarungan ninja asli pada masanya. Senjata yang digunakan dalam pertunjukan ini adalah senjata asli sehingga Anda juga mendapatkan penjelasan tentang cara ninja menggunakan senjata tersebut untuk merobohkan lawan. Perlu Anda ketahui juga bahwa pertunjukan Ninja ini libur pada tanggal tertentu. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu mengecek jadwal pertunjukan pada situs resmi museum. Selain menikmati pertunjukan Ninja, Anda juga dapat mencoba melempar Shuriken yang merupakan salah satu senjata khas ninja.

Setelah berkeliling museum dan mengenal lebih dekat sosok ninja, Anda juga dapat berbelanja beragam barang dan souvenir khas ninja yang unik di sebuah toko yang ada di museum ini, seperti alat ninja, kaos, kostum, mainan, handuk sapu tangan hingga topi. Selain unik, barang yang dijual disini terbilang eksklusif karena Anda hanya akan menemukan barang-barang tersebut disini dan tidak ada ditempat lain. Para pengunjung dewasa akan dikenakan biaya tiket masuk 756 yen atau setara Rp 100.000,- dan untuk anak-anak usia 4 hingga 15 tahun dikenakan 432 yen atau setara Rp 55.000,-.

Museum ini beroperasi mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat dan tutup setiap tanggal 29 Desember hingga 1 Januari. Para pengunjung dewasa akan dikenakan biaya tiket masuk 756 yen atau setara Rp 100.000,- dan untuk anak-anak usia 4 hingga 15 tahun dikenakan 432 yen atau setara Rp 55.000,-. Akses menuju museum ini juga cukup mudah. Jika Anda menggunakan transportasi bus dari Nagoya atau Osaka, Anda dapat turun di Terminal Bus Iga-shi Sangyo-kaikan atau dengan kereta api menggunakan Jalur JR West Kansai Main Line lalu turun di Stasiun JR Iga-Ueno untuk berganti kereta menuju stasiun Ueno-shi, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di Museum.

Penasaran dengan kehidupan di Iga-ryu Ninja Museum? Segera dapatkan penawaran menarik ke Jepang bersama WITA Tour di HSBC-ANA TRAVEL FAIR dan JAPAN TRAVEL FAIR.

Comments