Belanja Ilmu di Orchard Road, Kok Bisa?

Orchard Road memang selalu identik dengan tujuan wisata belanja fashion di Singapura. Akan tetapi, selain berbelanja fashion, Orchard Road juga memiliki tujuan wisata “belanja” ilmu. Tujuan wisata “belanja” ilmu tersebut terletak pada sebuah perpustakaan ikonik yang berada di dalam sebuah pusat perbelanjaan yang cukup besar di Orchard Road.

Library@Orchard merupakan perpustakaan ikonik nan modern bertingkat dua yang terletak di lantai 3 dan 4 Pusat Perbelanjaan Orchard Gateway. Sebelum berlokasi di Orchard Gateway, pada tahun 1999 perpustakaan ini berada di Pusat Perbelanjaan Ngee Ann City. Kemudian pada 23 Oktober 2014, perpustakaan ini direlokasikan ke Orchard Gateway dan diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, Dr. Yaacob Ibrahim. Konsep modernitas yang berpadu dengan “Design Thinking” sangat kental dalam penataan serta fitur-fitur di dalamnya.

Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini juga tergolong lengkap dengan jumlah mencapai 100.000 koleksi buku yang mencakup buku fiksi/non-fiksi, majalah, buku elektronik (E-Books), majalah elektronik (E-Magazines) hingga materi-materi audio-visual yang tersedia dalam 4 bahasa resmi Singapura, yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Selain itu, sesuai dengan temanya "Design is for Everyone", perpustakaan ini sangat menarik komunitas atau orang-orang muda yang memiliki ketertarikan kepada desain, gaya hidup, dan seni terapan. Oleh karena itu, tidak heran sebagian besar koleksi buku disini terbagi ke dalam 5 kategori, yaitu People (fashion, fotografi manusia, dan kewirausahaan), Space (arsitektur dan desain interior), Visual (desain furnitur, desain industrial, desain game, desain kerajinan tangan, dan desain kemasan), Product (periklanan, desain grafis, dan fotografi umum) dan Lifestyle (kuliner, kesehatan, pariwisata, etika, dan kesusastraan). Selain menyediakan koleksi bacaan, perpustakaan ini juga kerap mengadakan sesi pembelajaran bersama komunitas yang diadakan setiap dua minggu sekali dan juga lokakarya (workshop) desain dan seni terapan setiap bulannya.

Dengan kapasitas 180 tempat duduk dengan sudut ruangan yang tenang, perpustakaan ini juga memberikan suasana yang nyaman dan santai. Salah satu spot bahkan memungkinkan untuk Anda membaca sambil menikmati pemandangan kota Singapura. Selain menyediakan koleksi bacaan, perpustakaan ini juga kerap mengadakan sesi pembelajaran bersama komunitas yang diadakan setiap dua minggu sekali dan juga lokakarya (workshop) desain dan seni terapan setiap bulannya. Untuk dapat mengunjungi perpustakaan ini, Anda dapat turun di stasiun kereta bawah tanah (MRT) Somerset lalu langsung menuju Orchard Gateway.

Ingin “belanja” ilmu sambil menikmati suasana di Library@Orchard? Yuk, cek sekarang juga promo tiketnya di WITA Tour Online Booking dan dapatkan penawaran menarik ke Singapura dari kami.

Comments