Liburan ke Aussie Itu Murah! Cek Tipsnya

Apakah anda sudah merencanakan liburan untuk tahun ini mau ke mana? Bagi Anda yang senang mengeksplor tempat-tempat baru, Australia boleh menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun biaya hidup di Negeri Kanguru ini cukup tinggi, Anda dapat tetap menikmati liburan Anda dengan hemat.

Simak beberapa tipsnya berikut ini :
1. Manfaatkan promo tiket

Untuk tiket, Anda dapat mensiasati pengeluaran dengan memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan atau memanfaatkan promo tiket pesawat. Selain itu, Anda juga perlu menentukan musim yang tepat untuk liburan ke Australia. Harga tiket biasanya akan lebih murah pada keberangkatan musim semi sekitar bulan September hingga November. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan budget lebih untuk keperluan lainnya selama di Australia.

2. Menginap di Budget Hotel

Selain tiket pesawat, penginapan memang menjadi salah satu alasan tingginya biaya liburan ke Australia. Untuk menghemat budget, Anda dapat mencoba menginap di budget hotel. Selain murah, pastikan tempat menginap Anda berada di pusat kota Melbourne, Sydney atau Perth. Kawasan tersebut umumnya dekat dengan stasiun, halte maupun atraksi wisata sehingga dapat untuk menghemat waktu dan budget.

3. Minum Air dari Tap Water

Biaya makan dan minum di Australia juga cukup mahal. Satu botol air mineral ukuran 600 ml misalnya. Harganya dapat mencapai 2 hingga 3 dolar Australia atau setara 20 hingga 30 ribu rupiah. Untuk menghemat budget, Anda dapat membawa botol minum sendiri sangat di anjurkan karena disini anda dapat minum air dari keran (tap water) yang ada di tempat penginapan atau water fountain yang tersedia di tempat-tempat umum.

4. Naik transportasi murah

Australia memiliki transportasi yang cukup lengkap dan teratur, mulai dari kereta, kereta bawah tanah, trem hingga bus dengan tarif yang terjangkau. Bus kota biasanya menjadi pilihan favorit para turis karena selain tarifnya yang termurah, turis juga berkesempatan menikmati pemandangan kota yang menawan. Harga tersebut akan lebih murah jika Anda menggunakan kartu prabayar, seperti Myki Card di Melbourne, Opal Card di Sydney, dan Smartrider Card di Perth yang dapat diisi ulang saldonya di stasiun atau mini market terdekat. Selain mematok tarif murah, beberapa transportasi umum bahkan ada yang gratis misalnya Central Area Transit (CAT) Bus dengan rute yang mengelilingi kota Perth dan Melbourne City Circle Tram yang membawa turis mengelilingi pusat kota Melbourne. Sangat membantu bukan? Selain memanfaatkan transportasi umum, berjalan kaki juga menjadi pilihan yang baik karena selain gratis tentunya juga sehat.

5. Kunjungi objek wisata gratis

Australia terkenal dengan banyaknya destinasi wisata menarik mulai dari museum, taman kota, pantai hingga wisata alam lainnya. Untuk menghemat budget, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang gratis dan menarik seperti Darling Harbour, Bondi Beach, Sydney Harbour Bridge, dan Sydney Opera House-nya yang ikonik di Sydney. Kemudian, di Melbourne Anda dapat menikmati galeri seni dan budaya di National Gallery of Victoria, menikmati pemandangan indah di Royal Botanic Gardens, hingga menikmati seni dan pameran gratis di Arts Centre Melbourne. Lalu, Anda juga dapat menikmati produk budaya lokal di Fremantle Market atau menyusuri Sungai Swan yang cantik di Perth.

Ingin liburan ke Australia dengan budget yang aman? Yuk, cek penawaran menarik ke Australia dari kami di Australia Travel Fair di Gandaria City

Comments