Selangkah Lebih Dekat dengan Chinese Philosophy di Shandong

Shandong, provinsi yang dijuluki sebagai 'mutiara dari timur Tiongkok' ini memang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan dan sejarah Tiongkok. Provinsi ini merupakan tempat kelahiran filsuf legendaris Konfusius/Kong Hu Cu yang terkenal akan moralitas dan asas pemikirannya. Berpadu dengan kekayaan Chinese Philosophy, Shandong juga menawarkan sejumlah keindahan alam kelas dunia yang akan memukau setiap orang mulai dari anak muda, orang dewasa hingga keluarga.

Sebagai tempat asal Konfusius/Kong Hu Cu, Qufu merupakan kota di Shandong yang wajib dikunjungi untuk melihat napak tilas Sang Filsuf. Anda dapat melihat secara langsung Kuil Konfusius yang dahulunya merupakan tempat tinggal Sang Filsuf. Dengan arsitektur bangunan yang kental dengan nuansa istana kuno Tiongkok, salah satu aula pada kuil ini juga menyajikan relief yang memaparkan kisah Konfusius/Kong Hu Cu selama hidupnya. Selain sebagai tempat wisata, aula pada kuil ini setiap tahunnya digunakan untuk perayaan Festival Budaya Konfusius Internasional Qufu untuk menghormati jasa Konfusius/Kong Hu Cu dalam bidang pendidikan. Festival ini jatuh pada tanggal 28 September bertepatan dengan hari kelahiran Konfusius yang juga menjadi Hari Guru Nasional di China dan dimeriahkan dengan upacara pemujaan Konfusius yang dilanjutkan dengan pertunjukan tarian dan musik Tiongkok kuno.

Tidak jauh dari Kuil, Anda juga bisa mengunjungi Rumah besar dari keturunan keluarga Konfusius/Kong Hu Cu. Rumah megah dengan 480 kamar dan 9 halaman ini menyimpan arsip lengkap dan sejumlah relik peninggalan keluarga Konfusius/Kong Hu Cu dan telah diklaim sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO bersamaan dengan Kuil Konfusius dan Kompleks Pemakaman Konfusius. Pada kompleks pemakaman yang terlihat seperti hutan ini, Konfusius, beberapa muridnya, dan ratusan ribu keturunan laki-lakinya dimakamkan. Oleh karena itu, tidak heran bila kompleks pemakaman ini disebut sebagai kompleks pemakaman keluarga terbesar di dunia.

Bagi penggemar wisata budaya sekaligus alam, Anda dapat merasakan kedua sensasinya di Gunung Tai di kota Tai’an. Gunung Tai yang merupakan gunung paling suci dalam kepercayaan Tao ini tak hanya menyimpan banyak sejarah dan kepercayaan sakral di samping pemandangannya yang indah. UNESCO juga menetapkan gunung yang dikunjungi jutaan turis setiap tahunnya ini sebagai situs warisan dunia. Dengan menaiki kereta gantung (cable car), Anda akan diantar ke South Heaven’s Gate sambil menikmati keindahan gunung sakral dari balik awan yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Selain menikmati keindahan dari atas gunung, Anda juga dapat menyambangi kuil-kuil dan juga melihat karya kaligrafi para filsuf Tiongkok yang sudah berusia ratusan tahun yang akan membuat Anda terkesan dengan peninggalan budaya dan sejarah di sini. Di atas puncak gunung juga terdapat sejumlah toko, penginapan maupun restoran kecil.

Wisata ke Shandong akan semakin lengkap jika Anda mengunjungi dan mencicipi langsung salah satu bir terkenal di dunia di Tsingtao Beer Museum di kota Qingdao. Di dalam bangunan arsitektur Gotik Eropa peninggalan Jerman yang dibangun pada tahun 1903 ini, Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan bir hingga melihat sampel bir Tsingtao dari berbagai era. Uniknya, ada kamar khusus bernama ‘Drunk Room' dengan lantai dan dinding yang miring sehingga siapapun yang memasukinya seolah-olah sedang dalam kondisi mabuk .

Ingin lebih dekat dengan Chinese Philosophy di Shandong? Yuk, ikuti program Best Deal Friendly Shandong bersama Wita Tour.

Comments