Flashback Sejenak ke Era Lampau di Azerbaijan

Azerbaijan merupakan sebuah negara di persimpangan Asia dan Eropa yang terletak di tepi Laut Kaspia. Negara ini juga pernah menjadi bagian dari Jalur Sutera yang legendaris sehingga kaya akan sejarah, tradisi, keindahan alam hingga warisan peninggalan arkeologi dan arsitektur yang mengesankan. Oleh karena itu, negara berjuluk “Land of Fire” ini sangat cocok untuk Anda yang ingin flashback sejenak ke era lampau.

Peninggalan peradaban sejarah menarik lainnya juga bisa ditemui di pusat kota Baku tepatnya di Kota Tua Icheri Seher yang sudah terkenal dan ramai sejak beberapa abad lalu karena tempat ini pernah menjadi salah satu pusat niaga penting di Asia Tengah pada abad sebelum Masehi serta merupakan tempat diproduksinya kerajinan tangan dan barang olahan logam, seperti tungku, kompor minyak tanah dan peralatan dapur otentik lainnya. Kota tua ini menyimpan sejarah dari Kota Baku dan dikelilingi oleh tembok. Terdapat beberapa bangunan bersejarah yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, salah satunya Maiden Tower atau yang dikenal sebagai Qiz Qalasi dalam bahasa lokal merupakan menara setinggi 30 meter dan telah berdiri sejak abad ke 12. Menara ini juga menjadi landmark Kota Baku karena bentuknya yang unik menyerupai benteng berbentuk silinder. Di dalam menara yang berdiri di tepi Laut Kaspia ini juga terdapat sebuah museum mengenai sejarah Kota Baku dari masa ke masa.

Selain Maiden Tower, Kompleks Istana Shirvanshahs yang dibangun sekitar abad ke-13 setelah Masehi menjadi tempat berikutnya yang wajib dikunjungi karena merupakan salah satu bangunan dengan arsiktetur terbaik khas Azerbaijan. Kompleks istana ini dahulu ditempati oleh para penguasa Kerajaan Shirvan yang pernah menguasai wilayah Azerbaijan. Di dalam kompleks istana ini terdapat halaman, tempat pengadilan, pemakaman penguasa Kerajaan Shirvan Khalilullah I beserta seluruh kerabatnya, tempat pemandian keluarga kerajaan hingga menara masjid.

Untuk melengkapi pengalaman flashback Anda di Azerbaijan, kunjungilah juga Gobustan. Di kota ini, Anda dapat melihat lebih dekat ribuan gua dan batu dengan lukisan dan pahatan kuno dari era prasejarah yang disebut petroglyph di Gobustan National Park. Artefak prasejarah lainnya yang juga dapat Anda temukan di taman nasional berpredikat Situs Warisan Dunia UNESCO ini adalah cawan untuk minum, prasasti kuno, bekas permukiman dan penguburan hingga artefak kesenian seperti tarian, musik dan pengolahan batu buatan manusia primitif 40.000 tahun lalu yang menggambarkan peradaban dan intelektual manusia pada era tersebut.

Selain itu, kunjungilah juga Masjid Bibi Heybat yang menjadi tempat spiritual umat Muslim di Gobustan. Bangunan masjid megah ini pertama kali dibangun pada abad ke-13, kemudian dibangun ulang pada tahun 1990-an karena sempat dirobohkan pada era Soviet. Masjid ini memiliki 3 kubah besar yang dilengkapi dengan 2 menara yang digunakan untuk kumandang panggilan beribadah bagi umat Muslim. Interior masjid yang khas Gotik yang dikelilingi kaca patri berwarna-warni serta langit yang berhiaskan lampu kristal juga melengkapi keindahan dan kemegahannya. Di masjid ini juga terdapat makam Okuma Khanim, penyiar agama Islam di Azerbaijan yang merupakan salah satu keturunan Nabi Muhammad. Oleh karena hal tersebutlah, masjid ini selalu ramai dikunjungi para peziarah.

Ingin flashback sejenak era lampau di Azerbaijan? Yuk, ikuti program tur Wonderful Azerbaijan, Georgia & Armenia bersama WITA Tour.

Comments