KENALI LEBIH DEKAT KULINER KHAS JERMAN

Bicara soal wisata ke Jerman, mungkin yang ada di benak Anda adalah keindahan alam, bangunan klasik era Renaisans, markas klub sepak bola dunia, atau teknologi otomotif. Namun, di samping itu Jerman ternyata memiliki sejumlah kuliner khas yang otentik dan wajib dicoba. Berikut adalah sejumlah kuliner khas Jerman yang wajib Anda coba.

1. Nurnberg Lebkuchen

Bagi sebagian orang, kue yang lebih dikenal sebagai Gingerbread ini memang identik dengan perayaan Natal karena pertama kali diperkenalkan oleh para biarawan di kota Nurnberg pada tahun abad ke-13. Bahan baku kue khas kota Nuremberg ini adalah rempah-rempah, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, pala, kapulaga, lada hitam; sedikit tepung terigu dan madu sebagai pemanis. Selain sebagai pemanis, penggunaan madu juga menjadi penanda bahwa Nuremberg merupakan kota penghasil madu di Jerman. Kue lembut nan renyah ini dapat ditemukan sepanjang tahun di samping hari Natal.

2. Bratwurst

Sebagian besar orang sudah tidak asing dengan makanan khas Jerman ini. Ya, inilah varian sosis khas Jerman yang paling populer dan telah diakui Uni Eropa sebagai produk otentik khas Nurnberg. Sosis ini telah ada sejak tahun 1313 dan dipopulerkan oleh restoran legendaris di Nurnberg bernama Bratwurstglöcklein yang masih berdiri hingga saat ini. Sosis ini umumnya dipanggang dan disajikan bersama saus mustard yang manis. Mengingat bahan baku sosis ini adalah daging babi, maka makanan ini adalah tergolong makanan non-halal.

3. Bavarian Beer

Menikmati kuliner khas Jerman, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi bir khas Bavaria Jerman. Bir Bavaria memiliki rasa yang otentik karena hanya terbuat dari barley, hops, dan air. Bahan baku lain tidak diperbolehkan karena semuanya telah diatur dalam Undang-Undang Kemurnian Bir (Reinheitsgebot). Mengingat minuman ini dianggap sebagai salah satu minuman wajib untuk warga lokal, Anda dapat dengan mudah menjumpai tempat minum bir di berbagai pelosok kota Munich.

4. Brezel

Selain Lebkuchen, kue khas Jerman ini wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Jerman. Kue berbentuk simpul tiga yang berwarna kecoklatan ini memiliki citarasa manis, asin, dan sedikit gurih. Kue ini juga dianggap warga Jerman sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan karena berasal dari kata dalam bahasa Latin “pretiolas” yang berarti kebahagiaan kecil.

Tertarik untuk mencicipi kuliner khas Jerman di atas? Ikutilah program Wita Tour Beautiful Germany Saxon National Park dan rasakan sensasi kuliner khas Jerman yang otentik dan memanjakan lidah Anda.

Comments