BELUM KE TIMUR TENGAH KALAU BELUM KE LIMA TEMPAT INI

Timur Tengah memang menjadi salah satu lumbung beragam tempat wisata klasik dan modern yang eksotis. Mulai dari kemegahan masjid dan peninggalan kejayaan peradaban masa lalu, sensasi gunung pasir dan kolam air hangat hingga taman bertema dan pusat perbelanjaan khas kota metropolis semua berkumpul jadi satu. Agar perjalanan ke Timur Tengah semakin afdol, berikut beberapa tempat wisata yang wajib disambangi saat berkunjung ke Timur Tengah

1. Blue Mosque

Sesuai dengan namanya, masjid yang dibangun oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1609-1616 ini memiliki interior yang dilapisi lebih dari puluhan ribu keramik Iznik berwarna biru bermotif bingu dan ratusan kaca jendela patri dengan dekorasi yang kompleks nan cantik. Tempat imam masjid memimpin ibadah dirancang sang arsitek, Sedefkâr Mehmet Ağa seindah mungkin dengan marmer yang dipahat halus ditambah stalaktit dikedua sisi atasnya. Mengingat masjid ini masih digunakan umat Muslim untuk salat lima waktu, masjid ini hanya terbuka untuk umum di luar jadwal salat. Pastikan Anda juga mematuhi aturan dresscode saat berkunjung ke masjid ini, yaitu larangan penggunaan celana pendek baik pria maupun wanita serta rambut dan pundak yang tertutup untuk wanita.

2. Bosphorus Straits Cruise

Inilah salah satu selat di dunia yang terletak di antara dua benua yang berbeda. Di selat ini Anda dapat menikmati pesona keindahan Benua Asia dan Benua Eropa dalam satu kesempatan. Berlayar di atas selat dengan panjang 30 km dan lebar maksimum 3700 m ini, Anda akan disuguhkan pemandangan kota Istanbul dengan sejumlah spot-spot menawan, seperti Jembatan Galata, Istana Dolmabahce, Istana Topkapi, Masjid Ortakoy, Jembatan Bosphorus, dan pemukiman penduduk di tepi selat. Usai menelusuri selat, jangan lupa untuk menikmati sandwich ikan panggang (Ekmek) yang khas.

3. Sheikh Zayed Mosque

Inilah salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid yang pembangunannya diprakarsai oleh Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2007 ini, memiliki detail-detail bangunan yang menggambarkan kemewahan, seperti batu permata yang tertanam di tiang bangunan, kaligrafi ayat Al-Quran terukir dengan cat dengan daun emas di lingkaran kubah maupun hiasan pola bunga dari mutiara yang terpancar pada dinding masjid. Selain itu, masjid ini juga berhasil memecahkan rekor dunia Guinness karena memiliki karpet tenunan tangan terbesar yang terbuat dari wol Selandia Baru dan ditenun oleh 1.300 perajin asal Iran serta lampu hias gantung terbesar. Suasana masjid yang toleran dan terbuka terhadap pengunjung non-Muslim juga membuat masjid yang mampu menampung 40.000 orang ini banyak dikunjungi wisatawan asing hingga para pejabat dan pesohor dunia. Sambil mengelilingi area masjid, Anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam sekitar pukul 5 sore dan mengabadikannya ke dalam kamera Anda.

4. Burj Dubai

Landmark ikonik lainnya yang patut Anda sambangi di Dubai adalah Burj Dubai atau yang lebih dikenal sebagai Burj Khalifa. Gedung ini memiliki 160 lantai dan tinggi yang mencapai 828 meter sehingga menobatkannya sebagai gedung tertinggi di dunia. Gedung yang dibangun dengan desain interior dan teknologi terbaik ini juga memiliki hotel dan apartemen pribadi mewah rancangan desainer ternama Italia Giorgio Armani. Karena banyaknya lantai pada gedung ini, lift yang ada di Burj Dubai juga dinobatkan sebagai lift tercepat di dunia dengan kecepatan 10 meter per detik. Lift ini akan membawa para pengunjung ke lantai 124 dan 125 untuk menikmati pemandangan Kota Dubai dengan teluk-teluk, jalanan dan gedung-gedung tinggi lainnya. Sambil menikmati kota Dubai dari ketinggian, Anda dapat menunggu hingga matahari terbenam untuk melihat “double sunset” karena pada ketinggian yang berbeda perbedaan waktu terbenam , waktu penampakan matahari terbenam akan berbeda antara lantai yang satu dengan lantai lainnya.

5. Ferrari World

Inilah satu-satunya taman bertema Ferrari yang ada di dunia saat ini. Seperti brand mobil Ferrari yang identik dengan kecepatan, ada sekitar 37 atraksi yang siap menghibur setiap pengunjung dari segala usia mulai dari balap gokar di sirkuit sepanjang 290 meter, balapan di atas simulator mobil Formula Satu Ferrari hingga memacu adrenalin di atas Formula Rossa, rollercoaster tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 240 km/jam hanya dalam waktu 5 detik saja! Selain atraksi yang memicu adrenalin, nikmati juga show-show menarik yang menghibur sekaligus melihat langsung sejarah dan design Ferrari dari masa ke masa di Galleria Ferrari. Usai menikmati pesona, puaskan dahaga Anda dengan menikmati berbagai sajian terbaik khas Italia yang ada di sini, dan jangan lewatkan membeli pernak-pernik Ferrari di Ferrari Store.

Ingin merasakan eksotisme destinasi-destinasi di atas yang ada di Timur Tengah? Ikutilah program Wita Tour Turkey, Dubai & Abu Dhabi dan rasakan sensasi keeksotisan Timur Tengah yang sesungguhnya.

Comments