Liechtenstein : Permata Indah Pegunungan Alpen

Liechtenstein, negara ini mungkin terdengar asing untuk Anda. Akan tetapi, di balik namanya yang asing, negara dengan panjang hanya 25 kilometer dan lebar hanya 12 kilometer dan dihimpit oleh Swiss dan Austria ini memiliki sejumlah keindahan yang layak dikunjungi. Sebagai salah satu negara kecil di Eropa dengan sistem monarki, kastil Vaduz menjadi kunjungan wajib pertama saat menyambangi Liechtenstein. Kastil ini memang tidak dibuka untuk publik, tetapi perjalanan menuju kastil yang menjadi kediaman resmi Pangeran Hans-Adam II von Liechtenstein ini menyuguhkan pemandangan kota Vaduz, pedesaan rumah penduduk, peternakan hingga perkebunan anggur yang terhampar luas dari ketinggian yang sangat indah dan tak terlupakan. Kebun anggur yang letaknya tak jauh dari istana ini sendiri merupakan milik pangeran Kerajaan Liechtenstein. Bagi para pecinta wine atau ingin mencicipi kekhasan wine Liechtenstein khususnya yang datang dengan jumlah lebih dari 10 orang, tempat ini menjadi kunjungan wajib karena setiap harinya beragam varian wine, seperti Chardonnay, Pinot Noir, dan Herawingert.
Selain keindahan alam dan perkebunan anggurnya, Liechtenstein juga memiliki museum yang memiliki sejumlah koleksi terbaik dan bernilai. Postal Museum di Vaduz yang berada dalam kompleks Museum Nasional Liechtenstein memiliki sejumlah koleksi perangko Kerajaan Liechtenstein yang berasal dari tahun 1912 termasuk cetakan asli, plat ukiran, dan jarum untuk membuat perangko. Selain koleksi perangko, hal menarik lainnya adalah suguhan informasi yang kaya tentang bagaimana pengiriman pesan komunikasi di zaman dahulu, seperti dokumen layanan pos, rute pos tua yang melintasi pegunungan Alpen, kendaraan kantor pos jaman dahulu, hingga seragam dan perlengkapan khusus di kantor pos. Museum ini juga memiliki toko yang menjual beberapa koleksi perangko yang unik untuk kenang-kenangan. Museum ini buka setiap harinya dari pukul 10 pagi hingga 5 sore waktu setempat dan tutup setiap tanggal 24 sampai dengan 25 Desember dan 31 Desember hingga 1 Januari. Biaya masuk ke museum ini gratis.
Selain Postal Museum, kunjungan ke kompleks Museum Nasional Liechtenstein tentunya akan semakin lengkap dengan mengunjungi museum utama Museum Nasional Liechtenstein. Kesan glamor akan terasa sejak melangkahkan kaki melalui pintu masuk yang berwarna keemasan. Kemudian, langkah kaki Anda akan dibawa menuju ruangan panjang dengan sederetan lemari kaca yang berisi koleksi milik keluarga Kerajaan Liechtenstein yang berusia ratusan tahun mulai dari replika mahkota pangeran Karl I, Pistol Wheellock dengan lapisan emas, sarung tangan besi baja Kaisar Maximilian II hingga koleksi lukisan berharga lainnya. Selain koleksi keluarga Kerajaan Liechtenstein, ada juga koleksi dari luar keluarga kerajaan, seperti beragam koleksi telur paskah yang terkenal dari zaman Tsar Rusia dan Apple Blossom Egg dari Karl Fabergé dengan dekorasi yang cantik berserta emas dan berliannya batu bulan dari misi penerbangan ke bulan Apollo 11 dan Apollo 17. Sama seperti Postal Museum, museum ini juga buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 5 sore waktu setempat dan tutup setiap tanggal 24 sampai dengan 25 Desember dan 31 Desember hingga 1 Januari. Biaya untuk masuk ke museum ini adalah sebesar 8 Swiss Franc.
Karena letaknya berdekatan dengan Swiss, Anda bisa pergi ke Liechtenstein dari Zurich ibukota Swiss yang berjarak sekitar 100 km. Pertama Anda naik kereta dari Zurich Main Station menuju Sargans, kota perbatasan Swiss dengan Liechtenstein. Sesampainya di Sargans, pergilah menuju area bus dan melanjutkan perjalanan dengan bus no 11 untuk menuju Vaduz, ibukota Liechtenstein. Untuk masuk ke Liechtenstein sendiri, Anda hanya membutuhkan visa untuk kunjungan ke Swiss karena Liechtenstein tidak mengeluarkan visa sendiri. Akan tetapi, jika Anda mengunjungi tourism information center Anda akan mendapatkan cap visa Liechtenstein sebagai cendera mata. Biaya untuk cap paspor ini adalah sekitar 3 Swiss Franc dan dilayani dari pukul 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat. Seperti yang tertera pada informasi ini, mata uang yang dapat digunakan di Liechtenstein adalah sama seperti di Swiss, yakni Swiss Franc yang satuannya setara sekitar 14 ribu rupiah.

Tertarik berkunjung ke salah satu negara terkecil di dunia ini? Rencanakan perjalanan Anda bersama Wita Tour Online dan dapatkan harga terbaik untuk tiket dan akomodasi di Swiss dari kami.

Comments