Persiapkan Hal Ini Saat Liburan Musim Dingin

Musim dingin di beberapa belahan dunia di bulan Desember ini memang banyak ditunggu oleh sebagian orang. Musim dingin menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Mungkin Anda sendiri sudah merencanakan liburan ke Eropa, Amerika atau beberapa negara di Asia Timur dan Utara untuk menghabiskan liburan musim dingin bersama keluarga. Agar liburan musim dingin Anda tetap nyaman, pemilihan pakaian yang tepat juga sangat diperlukan untuk liburan musim dingin Anda.

1. Persiapan Fisik
Kesiapan fisik sangat diperlukan mengingat kondisi tubuh yang sangat berbeda dengan iklim tropis. Dengan suhu yang dapat mencapai 0 derajat celcius maka kondisi stamina dan fisik yang baik sangat diperlukan. Pastikan Anda tidur dengan cukup, banyak minum air putih, dan olahraga sederhana secara teratur seperti jalan kaki, lari atau bersepeda di sekitar komplek rumah. Mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga ketahanan tubuh Anda.

2. Menentukan Destinasi Wisata
Salju memang menjadi daya tarik dari destinasi musim dingin pengunjung dari negara tropis. Tumpukan salju yang seringkali beriringan dengan ornamen natal memberikan kesan cantik yang hanya dapat ditemui di negara-negara 4 musim. Jika Anda menyukai kegiatan yang menantang maka Anda dapat mencoba bermain Ice skating di Wollman Rink New York, Ski resort di Mt Sorak Korea Selatan, Dogsledding di Kakslauttanen Finlandia menyusuri gunung bersalju bersana anjing kutub, hingga snowboarding di Mt Fuji Jepang, Zermatt Ski Resort di Swiss hingga di Wanaka Ski Areas New Zealand.
Namun, jika kondisi fisik Anda kurang memungkinkan atau lebih menyukai bersantai sambil menikmati alam sekitar, mengunjungi festival musim dingin Sapporo Snow Festival di Jepang, pemandian air panas Kawaguchiko Onsen dengan pemandangan Mt Fuji, mengunjungi museum atau sekedar berjalan-jalan santai menikmati suasana musim dingin.

3. Memilih pakaian yang tepat
Dengan kondisi suhu yang dapat mencapai titik ekstrim 0 derajat celcius, mantel atau sweater berbahan wol sangat disarankan untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Apabila mantel atau sweater belum cukup menghangatkan tubuh, baju dalam hangat seperti long john, turtle neck dan stocking juga dapat digunakan agar tubuh lebih hangat dan sebagai pakaian lapis pertama untuk menyimpan panas alami tubuh. Pastikan membawa baju hangat yang secukupnya agar bagasi Anda tidak terlalu berat. Pemilihan warna mantel atau sweater yang netral seperti hitam atau abu-abu juga dapat menunjang penampilan Anda karena mudah dipadukan dengan outfit warna apa saja. Untuk bawahan, celana berbahan denim dan katun tidak disarankan karena kurang nyaman digunakan pada cuaca yang dingin . Bawahan berbahan wol merupakan alternatif yang tepat untuk menjaga kehangatan kaki Anda. Di samping itu, aksesoris musim dingin lainnya seperti syal untuk menghangatkan leher, sarung tangan dengan bahan dasar kulit anti air yang membuat telapak tangan Anda tetap hangat dan tidak lembab, kaos kaki berbahan wol dan topi berjenis trapper dengan lapisan bulu tebal yang kedua sisinya memanjang kebawah hingga menutupi telinga sehingga membuat Anda tetap hangat juga tidak boleh ketinggalan.

4. Sepatu yang tepat untuk musim dingin
Saat musim dingin seringkali sejumlah jalan banyak yang tertutup lapisan es tipis sehingga rawan tergelincir. Pilihlah sepatu boots atau sneakers anti slip tanpa sol atau dengan sol rendah dan bergerigi pada tapaknya supaya Anda tidak mudah tergelincir di jalan yang permukaannya tidak rata. Selain itu, pilihlah juga bahan yang kedap air agar Anda tidak kebasahan saat menginjak salju. Alas kaki dengan heels tidak disarankan demi kenyamanan dan keselamatan Anda selama perjalanan.

5. Obat Pribadi
Setelah Anda memastikan keempat hal diatas sudah terpenuhi, pastikan juga Anda membawa obat-obatan pribadi yang cukup. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan sakit kepala, flu, batuk hingga alergi akibat paparan udara dingin yang ekstrim. Selain itu udara dingin yang kerap kali membuat kulit dan bibir Anda kering, dapat diatasi menggunakan pelembab wajah dan lip balm yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Selain persiapan untuk hal-hal di atas, tentunya Anda juga tidak lupa mempersiapkan tiket dan akomodasi terbaik untuk liburan musim dingin Anda. Dapatkan penawaran tiket dan akomodasi terbaik musim dingin Anda bersama Wita Tour Online.

Comments