Inilah Tren Wisata Baru di Tahun 2020

Tahun yang baru telah tiba artinya kesempatan baru untuk mengunjungi tempat-tempat menarik nan unik di berbagai belahan dunia. Berbagai atraksi alam, budaya hingga event besar dunia siap mengisi liburan Anda di tahun 2020. Jika Anda belum menentukan tujuan liburan Anda di dekade baru ini, berikut adalah tren wisata tahun ini yang dapat menjadi rekomendasi liburan Anda.

1. Dubai -World Expo Dubai 2020
Salah satu pameran terbesar di dunia yang diadakan tahun ini adalah World Expo 2020 yang akan diselenggarakan di Dubai, kota metropolitan di Uni Emirat Arab. Berbagai perwakilan negara di dunia akan menghandiri event bertema "Connecting Minds, Creating The Future" yang bertujuan untuk menjalin kemitraan lintas budaya dan wilayah dari berbagai sektor global. Event yang dimulai dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 akan diselenggarakan di kawasan elit selatan Dubai yang dijuluki "master-planned city" dengan struktur yang sangat modern nan canggih menampilkan 192 paviliun berbagai negara salah satunya Indonesia yang menampilkan tema Indonesia Emas 2045 yang mempromosikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang maju dan modern sehingga mampu memberikan peluang dan potensi besar untuk bekerja sama dalam berbagai bidang sektor. Harga tiketnya beragam sesuai dengan durasi dan usia, mulai dari 120 Dirham atau setara dengan 450.000 rupiah untuk dewasa, 60 Dirham atau setara dengan 225.000 rupiah untuk pelajar dan tidak dikenakan biaya bagi lansia serta anak dibawah 5 tahun. Letaknya yang berdekatan dengan Bandara Internasional Al Maktoum membuat akses ke tempat ini mudah, hanya membutuhkan waktu 30 menit atau menggunakan metro khusus bagi para pengunjung World Expo 2020 (belum beroperasi)

2. New Zealand – Wanaka Resort
Kota kecil yang terletak di bagian selatan Kepulauan Selandia Baru ini juga menjadi tren wisata di 2020 karena menawarkan perpaduan keindahan pemandangan pegunungan dan danau-danau yang eksotis. Salah satu spot di Wanaka, Treble Cone musim dingin pada bulan Juni hingga pertengahan Oktober menjadi surga bagi para pecinta ski dan snowboarding khususnya di Treble Cone karena lereng panjangnya yang tidak curam sehingga membuat tempat ini cocok bagi pemula. Di samping medan lintasan ski yang bersahabat, keindahan Gunung Aspiring dan Southern Lakes Heliski juga kian membuat Anda terpesona.
Selain itu, jika ingin mendapatkan pengalaman yang menantang adrenalin, skydiving dari ketinggian 9.000 hingga 15.000 kaki dengan kecepatan 200 km per jam dari atas hamparan Gunung Aspiring juga menjadi aktivitas menarik lainnya di Wanaka. Melayang di langit Wanaka sambil menyaksikan pemandangan alam Wanaka yang indah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan mobil atau bus dari Queenstown Airport atau dari Kota Queenstown di Athol Street Carpark.

3. Rome - Raphael Exhibition 2020
Ibu kota Italia ini memang populer akan sejarah dan peradabannya. Salah satunya yang terkenal adalah karya seni para maestro senimannya. Bagi pecinta seni, 5 Maret sampai 2 Juni 2020 menjadi tanggal terpenting karena akan diselenggarakan Raphael Exhibition 2020 di Scuderie del Quirinale. Pameran karya seni ini diadakan untuk memperingati 500 tahun kematian seorang salah satu maestro di era Renaissance, Raffaello Sanzio da Urbino atau dikenal sebagai Raphael. Ada lebih dari 200 karya sang maestro berupa lukisan dan gambar yang belum pernah sebelumnya dipamerkan dalam waktu bersamaan serta beberapa hasil karyanya yang terkenal mendetail dan rumit, seperti Madonna del Granduca, Alba Madonna, Portrait of Baldassarre Castiglione dan lainnya. Biaya masuk pameran seni ini adalah sekitar 2,50 euro atau sekitar 40.000 rupiah dan dapat diakses menggunakan bus 40 dari Piazza dei Cinquecento dan berhenti di Nazionale/Quirinale.

4. Bali - Hidden Canyon Beji Guwang
Bali yang terkenal akan wisata alam dan budayanya yang eksotis, menjadikannya kembali masuk ke dalam tren wisata dunia di tahun 2020. Salah satunya yang belum banyak diketahui orang dan akan menjadi tren adalah Hidden Canyon di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Sesuai dengan namanya, letaknya yang tersembunyi dan diapit oleh tebing-tebing batu tinggi yang terbentuk dari kikisan air sungai menjadikan pemandangan ngarai ini cukup menawan. Keindahan sinar matahari yang biasanya memancar terang sekitar jam 9 pagi waktu setempat semakin melengkapi keindahan ngarai yang instagrammable berpadu udara yang sejuk dari tanaman sekitar. Kenakanlah pakaian yang pantas dan nyaman menuju tempat ini karena aksesnya yang cukup menantang serta sifat alam yang masih sakral bagi penduduk setempat.

5. Flores
Destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga tidak kalah dengan keeksotisan alam dan budayanya. Desa Adat Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadi salah satu desa adat yang unik di dunia dan telah terdaftar sebagai Desa Warisan Budaya UNESCO karena hanya ada 7 rumah saja dari 19 generasi yang berbentuk lumbung kerucut dengan atap yang terbuat dari anyaman ilalang dengan bangunan yang terbuat dari kayu menjulang keatas atau dikenal sebagai Mbaru Niang. Sebagai pelengkap yang kian membuat perjalanan Anda tak terlupakan, suguhan kopi khas Wae Rebo yang asli dan alami siap menyambut Anda. Untuk mengunjungi Desa Wae Rebo Anda harus melewati Labuan Bajo terlebih dahulu. Perjalanan di lanjutkan menuju Ruteng menggunakan mobil atau motor selama beberapa jam melewati desa-desa lainnya sambil menikmati indahnya pemandangan alam setempat hingga tiba di Desa Wae Rebo.
Agar perjalanan Anda di Flores di tahun 2020 kian berwarna, Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru juga wajib masuk dalam daftar kunjungan. Danau kawah ini memiliki ketiga warna berbeda, yaitu merah, biru dan putih yang sering berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Perubahan warna air danau tersebut sangat kental kaitannya dengan kepercayaan terhadap leluhur masyarakat setempat. Selain disuguhi keindahan yang danau dapat diakses dari pusat Kota Ende menggunakan mini bus maupun mobil sewaan menuju Desa Moni yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Menginap di area ini sangat ideal apabila Anda ingin menikmati indahnya sunrise dari puncak gunung tersebut. Cantiknya matahari terbit (sunrise) yang tiada duanya sehingga menjadikan gunung ini sebagai ikon di lembar uang kertas pecahan 5000 rupiah cetakan tahun 1992.

Apakah Anda siap menjadikan tahun 2020 berkesan dengan mengunjungi destinasi-destinasi yang kami rekomendasikan? Dapatkan penawaran tiket dan akomodasi terbaik dari WITA TOUR.

Comments