Eloknya Bintan “Sang Bumi Segantang Lada”

Menjadi salah satu destinasi unggulan di Kepulauan Riau, Pulau Bintan menawarkan keindahan pantai dengan resor berstandar internasional yang tidak kalah dengan resor kelas dunia Maldives. Tidak hanya resor kelas dunia, pulau-pulau di sekitar Bintan juga kaya akan peradaban budaya yang kian memperkaya keindahan sang “Bumi Segantang Lada”.


1. Lagoi Bay
Inilah surga dari resor-resor mewah di Pulau Bintan dengan berbagai fasilitas berkelas. Keeksotisan pantai yang berlapiskan pasir putih dan air lautnya biru jernih bersanding dengan pohon-pohon kelapa di sekitar pantai kian melengkapi keindahan tempat ini. Saat malam tiba, ada Lantern Park yang menghadirkan deretan lampion warna-warni sepanjang 300 meter yang menampilkan 21 lampion replika hewan laut, seperti berbagai jenis ikan dan ubur-ubur serta hewan darat khas Indonesia seperti komodo, harimau sumatra dan orangutan.

2. Pulau Penyengat
Selain menikmati eksotisnya wisata pantai, Pulau Bintan juga memiliki peradaban kebudayaan Melayu yang menarik di pulau sekitar yakni Pulau Penyengat. Jejak kejayaan Kesultanan Johor di abad ke-17 dan kebudayaan Melayu terlihat jelas pada Masjid Raya Sultan Riau. Bangunan megah Masjid berwarna kuning bercahaya dengan sedikit sentuhan hijau tampak megah dengan total 17 kubah masjid dan 4 menara serta dapat menampung sekitar 400 jemaah yang ingin beribadah. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, tembok dari masjid yang telah berusia ratusan tahun ini dibangun menggunakan putih telur sehingga menambah kesan unik dari masjid ini.

3. Pulau Senggarang
Berbeda dengan Pulau Penyengat yang memiliki peradaban kental Melayu, pulau lainnya di sekitar Pulau Bintan yakni Pulau Senggarang memiliki peradaban Tionghoa yang kental. Kawasan ini dipercaya sebagai awal mula pemukiman pertama warga Tiongkok sebelum menyebar ke wilayah lainnya di Indonesia. Ada banyak rumah ibadah Tionghoa di pulau ini, salah satunya Kelenteng Sun Te Kong yang telah berusia lebih dari 300 tahun dan merupakan klenteng terbesar di pulau ini. Kelenteng yang juga dikenal sebagai Kelenteng Dewa Api ini menjadi tempat umat keturunan Tionghoa berdoa untuk kebahagiaan dan keselamatan. Keindahan pantai di sekitar pantai juga menjadi daya tarik wisatawan khususnya dari Malaysia dan Singapura. Pulau ini juga memiliki pemukiman keturunan Tionghoa yang masih berbentuk rumah panggung yang berdiri di pesisir pantai sehingga dinamakan Kampung Pesisir. Sungguh seperti kembali ke peradaban Tionghoa masa lalu.

4. Crystal Lagoon
Terkenal sebagai kolam air laut terluas pertama di Asian Tenggara, kolam seluas 6,3 hektar dengan air laut yang telah diolah sedemikan rupa sehingga menjadi berwarna biru jernih. Ada beragam wahana olahraga air yang dapat dinikmati, seperti Solar Boat Ride, Kayak, Fly Board dan paling ikonik Jetovator yang akan melempar tubuh Anda ke udara hingga jatuh ke air lagi. Jika belum puas berolahraga air dalam 1 hari, di sini juga tersedia penginapan berkonsep camping dengan standar hotel bintang 5.

5. Kuliner di Tanjung Pinang
Selain wisata bahari dan budayanya, Pulau Bintan juga memiliki beragam kuliner yang lezat tepatnya di Tanjung Pinang. Beberapa di antaranya adalah gonggong yakni sejenis kerang bercangkang putih yang direbus yang disajikan dengan sambal khas Tanjung Pinang, luti gendang yang merupakan roti goreng berisi abon ikan yang berbentuk seperti combro, mie tarempa mie goreng bertekstur pipih yang disajikan bersama daging ikan, dan kopi sekanak yang merupakan kopi khas Tanjung Pinang yang terdiri dari perpaduan rempah khas Melayu Riau dan bercitarasa manis setelah diaduk bersama kayu manis, madu dan susu kambing.


Tertarik menikmati alam dan kebudayaan Pulau Bintan sambil menikmati keindahan alamnya yang eksotis? Temukan penawaran hotel dan tiket menarik bersama Wita Tour dan kunjungilah booth kami di Astindo Travel Fair 2020.

Comments