Menyambangi Negeri Matahari di Afrika

Berada di ufuk Barat dunia, Afrika Selatan memiliki segudang pesona yang tidak pernah redup sepanjang masa. Sang Negeri Matahari ini ternyata punya beragam atraksi menarik yang terlalu sayang untuk dilewatkan.


Kegemerlapan tersebut memang pertama kali paling kentara di Johannesburg yang menjadi kota terbesar sekaligus kota paling unik dan inovatif di Afrika Selatan. Ada Maboneng Precinct yang menjadi rumah bagi toko-toko mode dan beragam tempat makan dan hiburan di kota ini. Kawasan ini juga menjadi jantung seni kehidupan utama dengan kehadiran beragam galeri dan toko seniman lokal. Bagi pecinta film lokal, kawasan ini juga memiliki beragam bioskop untuk menikmati sajian film lokal. Beranjak dari Maboneng Precinct, Johannesburg juga memiliki Museum Apartheid bernuansa abad ke-20 lengkap dengan beragam dokumentasi foto, video, dan instalasi seni bersejarah.


Beranjak dari Johannesburg, gemerlap wisata Afrika Selatan masih berlanjut di daerah yang terletak di pinggir Johannesburg yakni Sun City. Kompleks yang terletak di antara Sungai Elands dan Pilanesberg ini juga memiliki resor kelas dunia berlapis emas dengan fasilitas padang golf, pusat perbelanjaan dan berbagai permainan luar ruang menarik. Gemerlap resor inilah yang akhirnya pernah menarik selebriti dunia seperti Michael Jackson, Frank Sinatra, dan Elton John. Selain resor mewah, kehadiran Cagar Alam Pilanesberg juga kian memperlengkapi pesona Sun City. Mata ini seolah membawa pengunjung menikmati surga alam yang sesungguhnya dengan kehadiran berbagai binatang Afrika, seperti singa masai, cheetah, gajah afrika, bison, dan binatang lainnya di hamparan hutan sabana yang menjadi ciri khas dari Afrika Selatan.


Tak hanya soal seni, sejarah, alam, dan hiburan, Afrika Selatan juga tidak kalah dalam hal kuliner lokal. Kudapan favoritnya yang patut dicoba ada Melktert, Malva Pudding dan Skopas Popcorn. Melktert atau tart susu merupakan makanan penutup Afrikaner yang mendapat pengaruh dari Belanda yang pernah datang ke Afrika Selatan pada masa penjelajahan. Kue ini memiliki tekstur yang ringan dan renyah pada bagian kulitnya serta lembut pada bagian krim tebalnya dengan aroma telur dan rasa susu yang kuat. Selain Melktert, ada juga Malva pudding yang merupakan puding roti khas Afrika Selatan dengan selai aprikot di dalamnya berpadu dengan roti bertekstur karamel yang manis gurih di luarnya. Buat oleh-oleh untuk dibawa ke Tanah Air, Skopas Popcorn bisa menjadi pilihan utama. Berbeda dengan popcorn lainnya, popcorn ini memiliki tampilan warna warni dengan rasa sedikit asin dan tidak meninggalkan aroma mentega yang terlalu kuat seperti popcorn lainnya. Popcorn yang menjadi ciri khas Afrika Selatan ini mudah ditemukan di sejumlah jalan dan pusat perbelanjaan di Afrika Selatan.


Ingin mengeksplor lebih dalam keunikan Negeri Matahari Afrika ini? Mari temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur South Africa Victoria Falls.

Comments