Menikmati Kehidupan Vegetarian di Bhutan

Sebuah kerajaan Budha di tepi timur Himalaya, Bhutan terkenal akan kehidupan Buddhisme yang kental dengan biara-biara, benteng (atau dzong) dan pemandangan dramatis yang berkisar dari dataran subtropis hingga pegunungan dan lembah yang curam. Negara yang juga dikenal sebagai “Negeri Penuh Kedamaian di Himalaya” ini memang memiliki kuliner yang kaya rempah-rempah dan sayuran organik yang selaras dengan prinsip vegetarian dalam Buddhisme. Oleh karena itu, perjalanan ke Bhutan akan terasa kurang lengkap jika belum mencicipi makanan vegetarian khas Bhutan yang sehat dan lezat.


Makanan vegetarian Bhutan pertama yang lezat untuk dicicipi adalah Khur-le. Khur-le adalah sejenis pancake bercita rasa gurih yang terbuat dari tepung gandum kuda (buckwheat). Biasanya makanan ini dimakan dengan hidangan khas Bhutan lainnya, seperti salad timun khas Bhutan yang dikenal dengan nama Goen Hogay atau Ezay yang merupakan bumbu cabai pedas khas Bhutan. Khur-Le juga memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan pancake biasa yang dibuat dari tepung gandum putih.


Selain Khur Le, hidangan vegetarian Bhutan lainnya yang terkenal adalah Khatem. Khatem merupakan sejenis pare atau labu pahit yang diiris tipis lalu dikeringkan dan digoreng mentega serta dibumbui. Labu pahit yang digunakan juga memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan labu pahit biasa sehingga menciptakan rasa yang juga unik. Dengan rasa yang unik, Khatem juga kerap menjadi cemilan paling digemari masyarakat Bhutan maupun turis.


Berikutnya ada juga Momos yang merupakan salah satu jajanan yang paling populer di Bhutan. Jajanan yang kerap mudah di sejumlah kedai di Thimphu, ibu kota Bhutan ini sangat mirip dengan Chinese Dumplings dengan isian sayur sayuran seperti kol. Selain varian kukus, ada juga varian momos yang digoreng. Agar lebih nikmat, momos juga kerap disajikan bersama bumbu saus cabai pedas khas Bhutan yang disebut Ezay.


Selain ketiga makanan di atas, Bhutan juga mempunyai Yiga Chocolate Bhutan yang merupakan produk cokelat lokal yang dipadu dengan bahan-bahan unik lokal seperti cabai, buah sea buckthorn, kacang kenari (walnut), kapulaga, dan jeruk punakha. Bahan-bahan lokal eksotis ini sepenuhnya diperoleh dari kota Thimphu dan sangat cocok untuk oleh-oleh kerabat di Tanah Air.


Tertarik menikmati kehidupan vegetarian Bhutan sambil mencicipi makanan-makanannya yang sehat dan lezat? Mari temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur Nepal & Bhutan.

Comments