Kotor yang Memikat Hati

Kota Kotor, memang terdengar unik namanya. Meski namanya demikian bukan berarti kota ini “kotor”. Sebaliknya, kota ini justru sangat bersih dan nyaman sehingga menjadi salah satu kota terfavorit di Eropa. Letaknya yang dikelilingi gunung dan berada di tepian lautan Adriatik tepatnya Teluk Kotor, kota ini terkenal juga akan keindahan pemandangannya.


Salah satu tempat dengan pemandangan yang indah di Kotor adalah Castle of San Giovanni atau Perbentengan Kotor. Benteng ini merupakan benteng bersejarah yang dibangun sebagai pelindung kota sejak abad ke-9 oleh Kekaisaran Romawi Timur. Dari benteng dengan panjang 4.5 kilometer dengan 1,350 anak tangga ini, pemandangan kota Kotor yang sangat klasik terlihat sangat indah berpadu dengan hamparan air laut dari Teluk Kotor. Walaupun usianya yang sudah sangat tua, kondisi benteng San Giovanni terbilang sangat baik sehingga menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk berfoto di samping sejarahnya yang begitu menarik.


Selain Benteng San Giovanni, ada Blue cave atau Gua Biru salah satu lokasi paling populer dan paling banyak dikunjungi di Teluk Kotor. Gua ini merupakan gua yang dikelilingi oleh laut dengan air berwarna biru yang berasal dari warna laut yang terpantul oleh cahaya matahari di dinding yang lalu menyentuh dasar berpasir. Kejernihan dan birunya air laut semakin terlihat jelas begitu Anda masuk ke dalam gua menggunakan perahu. Sungguh menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan hati setelah berada di atas teriknya matahari di kota Kotor.


Tidak hanya punya tempat wisata alam dan sejarah yang menarik, kota Kotor juga memiliki rumah ibadah dengan bangunan yang ikonik. Sveti Nikola Church atau Gereja St. Nicholas merupakan gereja Ortodoks Serbia yang dibangun dari tahun 1902 hingga 1909 di kota Kotor dan mudah dikenali oleh kubah kembarnya dan bendera Serbia yang menggantung di tengahnya. Selain wujud eksteriornya yang menarik, gereja ini memiliki pengaruh Rusia yang terlihat dari salib di puncak kubah dan lukisan 4 Penulis Injil yang ada di dalam gereja karena semuanya adalah pemberian dari Rusia. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung dan menyaksikan secara langsung gereja yang sangat terkenal di kota Kotor itu.


Usai menikmati keindahan kota Kotor yang menarik, rasanya tidak lengkap jika tidak membeli souvenir yang khas dari kota ini. Ada Kapa yang merupakan topi hitam berbentuk bulat dengan bagian atas yang berwarna merah dan dilengkapi dengan bordir lambang Montenegro. Kemudian, ada Brojanica yang merupakan gelang khas Montenegro yang berwarna-warni yang sering di temukan di pasar dan toko-toko di Kota Kotor. Selain Kapa dan Brojanica, olive oil atau minyak zaitun juga menjadi suvenir yang terkenal dari Kotor karena menjadi salah satu penghasil zaitun di dunia. Minyak zaitun khas Kotor yang sangat harum ini sangat cocok dijadikan sebagai campuran makanan maupun bahan untuk memasak. Kemudian, ada juga Montenegrin Honey atau madu khas Montenegro merupakan madu yang terkenal akan keharuman aroma bunganya dan cocok untuk dinikmati dengan roti panggang atau yogurt. Kotor juga terkenal akan perkebunan anggurnya dan salah satu jenis wine-nya berasal dari anggur Vranac. Wine ini tidak dapat ditemukan disemua tempat dan memiliki cita rasa yang unik karena menghasilkan berbagai rasa mulai dari kismis hitam, ceri hingga cokelat.


Ingin berjelajah sambil mengeksplor keindahan tempat wisata yang memikat di Kotor? Temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur NORTH MACEDONIA, KOSOVO, MONTENEGRO, ALBANIA & GREECE

Comments