MANAROLA: SI CANTIK DI TEPI LAUT TIRRENIA

Manarola, sebuah desa kecil nan cantik yang terletak di tepi Laut Tirrenia ini memang tercatat sebagai salah satu desa tertua di wilayah Cinque Terre, Provinsi La Spezia, Liguria, Italia Utara. Desa yang juga memiliki nama lain yaitu Manaea dalam dialek lokal ini juga memiliki berbagai bangunan klasik dengan struktur bangunannya yang masih terawat sehingga menarik banyak orang untuk datang berkunjung dan sejenak kilas balik ke Italia di era abad ke-14 Masehi.


Begitu kaki berpijak di atas desa ini, indah, menjadi satu kata yang dapat mendeskripsikan desa ini. Rumah-rumah klasik bercat cerah ditambah sambutan aroma pohon lemon, thyme, rosemary dan maquis Mediterania seolah membuat suasana hati ini kian sejuk dan rileks. Perasaan kagum pun makin memuncak begitu sampai di perhentian Punta Bonfigliodi. Di tempat inilah, pengunjung dapat menikmati minuman di bar lokal sambil menikmati indahnya pemandangan desa Manarola dari ketinggian bukit.


Kalau ingin berburu foto yang instagrammable, Manarola juga memiliki Sentiero dell’Amore. Tebing batu yang megah dan kokoh berdiri di tepi lautan biru menjadikan spot ini sebagai spot berfoto yang sangat indah. Di dekat tebing bebatuan ini juga terdapat salah satu bangunan terpenting, yaitu Gereja San Lorenzo yang didedikasikan untuk Santo Laurensius sebagai santo pelindung Manarola yang dibangun pada abad ke- 14 dengan arsitektur bergaya Gotik dan Barok.


Setelah mata ini dimanjakan dengan keindahan bangunan dan alam Manarola, waktunya memanjakan lidah dengan sajian terbaik kota ini. Ya, makanan yang wajib di desa cantik ini adalah spaghetti tinta cumi (squid ink spaghetti). Bebeda dengan pasta lainnya yang berwarna terang, pasta ini berwarna hitam karena bumbunya yang memang berasal dari tinta cumi. Cita rasanya yang gurih dan asin yang berpadu dengan pasta yang lembut membuat hidangan ini terasa sangat nikmat apalagi ditambah dengan cherry tomato, udang, kemangi, perasan lemon, dan lada merah. Selain spaghetti tinta cumi, di Manarola juga terkenal dengan minuman anggur (wine)-nya. Menurut catatan Kekaisaran Romawi Kuno, wine Manarola merupakan salah satu wine berkualitas tinggi dan memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan wine lainnya.


Tertarik untuk menikmati keindahan Desa Manarola yang cantik dengan hidangannya yang lezat? Temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur THE BEST OF ITALY, CINQUE TERRE & SAN MARINO.

Comments