Yuk Lebih Dekat Kenali Tasmania Devil dan Pulau Habitatnya

Pulau Tasmania sebagai salah satu negara bagian di Australia memang terkenal akan keindahan alamnya, terlebih lagi faunanya yang khas, yaitu Tasmanian Devil. Negara bagian beribukota Hobart ini adalah rumah bagi salah satu hewan yang menjadi ikon yang paling menarik di dunia dan menakjubkan.


Fauna asli Pulau Tasmania yang hanya dapat ditemukan di pulau ini ternyata memiliki berbagai fakta yang sangat menarik. Nama Tasmanian Devil sendiri pertama kali dipakai oleh para pemukim keturunan Eropa di pulau ini karena fauna ini kerap memangsa ternak dan mengaum dengan suara yang cukup keras seperti seorang yang sedang berteriak. Sebagai satu-satunya fauna marsupial karnivora atau hewan berkantong pemakan daging yang terbesar di dunia, mereka juga merupakan fauna yang sangat suka menyantap makanan hingga kadang terlihat saling berebut makanan, menyantap makanan mereka sampai kenyang dan kemudian tertidur pulas, lalu kembali menyantap makanan mereka usai terbangun dari tidurnya.


Sebagai mamalia, seekor induk Tasmanian Devil dapat melahirkan 20 anak hingga lebih dalam satu kali pembuahan. Walau terkenal agresif dan kerap memangsa ikan, unggas, katak, ataupun serangga, fauna ini justru cenderung jinak saat berinteraksi dengan manusia. Meski jinak dengan manusia, kita tidak disarankan sembarang memegang karena mereka justru dapat berbalik menyerang jika merasa terganggu oleh keberadaan kita. Status Tasmanian Devil yang terancam punah karena rentannya fauna ini terhadap tumor pada wajahnya, membuat pemerintah Australia juga menerbitkan undang-undang untuk melindungi dan mengembangbiakan populasi hewan ini. Realisasi hal tersebut juga tercermin dari kehadiran Taman Margasatwa Bonorong di Hobart yang melindungi berbagai fauna asli Australia di dalamnya, termasuk salah satunya Tasmanian Devil.


Jika Pulau Tasmania memiliki Tasmanian Devil sebagai daya tarik fauna, pastinya pulau ini juga memiliki daya tarik alam. Taman Nasional Cradle Mountain menjadi tempat terbaik di Tasmania untuk menikmati keindahan alam. Suasana pepohonan yang sangat hijau pada pintu masuk baru permulaan keindahan saja saat memasuki area ini. Keindahan sesungguhnya terletak pada gunung yang memiliki bentuk mirip salah satu alat dalam penambangan emas bernama Cradle Miner dengan bentuk permukaan gunung yang cukup landai akibat erosi permukaan gunung yang terjadi sejak jutaan tahun yang lalu. Akibat permukaan dataran gunung yang cukup landai, medan di taman nasional ini sangat ramah untuk pendaki pemula. Ditambah lagi kehadiran jalan menuju gunung berlapis kayu papan yang membuat kaki dapat berjalan santai dan tetap fokus menikmati pemandangan alam sekitar. Berjalan santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar, tak terasa langkah sudah saja berada di depan Danau Dove indah dengan pemandangan Cradle Mountain di belakangnya yang sangat menakjubkan. Pemandangan danau dan gunung juga seolah berbicara dan memberi penjelasan mengapa Gustav dan Kate Weindorfer sebagai orang pertama yang melakukan ekspedisi ke area ini memberikan gagasan kepada pemerintah pada abad ke-20 untuk menjadikan area ini sebagai taman nasional.


Melihat fauna sudah, melihat gunung dan danau sudah, pemandangan laut keren juga ada di Tasmania tepatnya di Wineglass Bay Freycinet. Pantai yang pertama kali ditemukan oleh penjelajah asal Belanda Abel Tasman di tahun 1642 ini memiliki permukaan air laut yang sangat jernih bagai gelas wine. Indahnya air laut yang jernih juga terasa semakin lengkap karena cuaca di pantai ini cenderung hangat seperti pantai selatan Perancis. Dengan suasana hangat yang seperti pantai selatan Perancis apalagi dengan nama Wineglass Bay, momen bersantai ria dan snorkeling menikmati alam laut yang jernih akan semakin lengkap dengan wine khas Tasmania. Ada dua jenis wine Tasmania yang terkenal, yaitu Pinot Noir dan Chardonnay. Pinot noir merupakan red wine dengan tekstur yang sedikit kental dengan rasa yang sedikit asam mirip campuran buah cherry dan stroberi dan nikmat disantap bersama steak rib eye yang empuk dagingnya dengan citarasa manis gurih dan wangi asap. Untuk yang suka dengan santapan seafood, seperti ikan, kerang atau tiram dari perairan Tasmania, white wine Chardonnay yang lebih cair dengan rasa yang lebih segar seperti ada campuran buah apel sangat cocok untuk menemani momen bersantap.


Ingin lebih dekat dengan Tasmanian Devil dan alam Tasmania yang mempesona? Yuk temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam program tur Australia Tasmania.

Comments