MENELUSURI INDAHNYA NEGERI LASKAR PELANGI DI PULAU BELITUNG

Pulau Belitung dengan ibukotanya Tanjung Pandan, yang terbesit di pikiran pastilah film Laskar Pelangi yang memperlihatkan keindahan pulau ini yang masih alami layaknya surga tersembunyi. Dengan nuansa alam bukit, danau dan pantai yang pesonanya sangat berbeda dengan pulau lainnya, Belitung menyimpan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.


Ada Pulau Lengkuas yang terkenal akan mercusuar bersejarah peninggalan era kolonial Belanda. Meski usianya sudah lebih dari 2 abad, mercusuar berwarna putih ini tampak kokoh dan membuat hati sepertinya mau berkata “Wah, Ini Luar Biasa!”. Ingin naik ke puncak nya? Jangan lupa siapkan tenaga ekstra ya! Karena sampai di puncak, dijamin tidak akan menyesal deh! Dari , pemandangan lautan yang jernih ditambah hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai membuat mata seperti ingin berlama-lama merasakan kesegaran air lautnya. Uniknya lagi, perjalanan ke spot batuan granit yang ikonik di pulau ini, dapat dicapai cukup dengan berjalan kaki ketika air laut tengah surut dengan kedalamannya yang hanya sekitar 1.2 meter.


Ingin menikmati suasana pantai lainnya di Belitung? Ada Pantai Burung Mandi yang terkenal unik karena tidak memiliki batu granit raksasa seperti pantai-pantai di pulau belitung pada umumnya, Hamparan pasir putih yang luas dikelilingi ratusan pohon pinus membuat suasana pantai ini kian teduh. Kehadiran kapal nelayan yang berwarna-warni ini juga menjadikannya terkesan mirip dengan Phuket, Thailand. Suasana di sini juga kian asyik saat air sedang surut karena kita dapat berjalan kaki hingga ke tengah laut sambil melihat air lautnya yang jernih dan di kala hari menjelang senja, pantai ini juga menjadi spot yang cantik untuk menikmati matahari tenggelam.


Lanjut, mari kita melangkahkan kaki ke Danau Kaolin. Eksistensinya yang pernah menjadi tempat penggalian tambang pasir kaolin dan timah, membuat danau ini terkesan berbeda dari danau lainnya. Permukaan danau yang tampak berwarna biru pekat dan dikelilingi daratan berwarna putih yang berkilauan terlihat seperti salju. Pemandangan ini memang mengingatkan kita akan keindahan Cotton Castle Pamukkale, Turki. Meski danau ini terkenal akan kekayaan kaolin yang menjadi bahan baku industri seperti porselen, kosmetik dan pasta gigi. Danau ini tidak berbau belerang dan tentunya sangat cantik untuk menjadi tempat berfoto di danau ini karena bukan terbentuk dari proses tektonik.


Jikalau sudah ke Belitung, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kulinernya yang kaya akan hasil bahari. Ada Mie Belitung, yaitu mie telur yang direbus lalu disiram dengan kuah kaldu udang, lalu diitambah dengan potongan udang, gorengan, kentang, dan timun. Bakminya yang kenyal ditambah kuah kaldu udangnya yang gurih semakin mantap dengan perasan jeruk nipis yang semakin well-balanced rasanya, ada asin, asam dan juga manisnya dan makin mantap saat dimakan bersama emping melinjo. Selain Mie Belitung, ada juga Sop Ikan Gangan, yaitu sop ikan tenggiri yang berkuah kuning yang dimasak menggunakan beragam rempah serta aneka bumbu lainnya. Ikannya sendiri tidak berbau amis dan tekstur kuahnya agak kental dengan rasa pedas dan juga ada sedikit asam yang berasal dari buah nanas. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.


Tertarik Menelusuri Indahnya Negeri Laskar Pelangi di Belitung sambil menikmati kulinernya? Temukan penawaran menarik bersama Wita Tour dalam Belitung Package 03 Days 02 Nights.

Comments